Jawa Pos

Dekati Tokoh NU Jawa Tengah

Ida Fauziyah Road Show ke Kudus dan Jepara

-

KUDUS – Suara nahdliyin menjadi incaran para kandidat peserta pilgub Jawa Tengah (Jateng), termasuk bakal calon wakil gubernur Ida Fauziyah. Kemarin (1/2) pendamping bacagub Sudirman Said itu berkunjung ke Kudus.

Sekitar pukul 10.00, Ida tiba di kediaman Mbah Sya’roni. ’’Saya bersilatur­ahmi dan mohon tambahan doa. Bagi saya, doa para kiai luar biasa pentingnya. Energi saya semakin moncer kalau ada doa kiai,” katanya seperti dilaporkan Jawa Pos Radar Kudus. Sejumlah politikus PKB mendamping­i Ida. Antara lain, Ketua DPC PKB Kudus Ilwani dan anggota DPRD Jawa Tengah Fraksi PKB Ida Nur Sa’adah.

Setelah itu, perempuan kelahiran Mojokerto tersebut melanjutka­n kunjungann­ya ke kantor Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kudus. Sebelumnya, dia berkunjung ke sejumlah basis NU di Demak, Jepara, dan Wonosobo. Ida berencana bertandang ke kediaman tokoh NU lainnya. Yakni, Kiai Badawi Basyir di Kudus dan KH Mustofa Bisri di Rembang.

Dia juga akan melawat ke Blora dan Grobogan. ’’Selain itu, kami berencana ke Mbah Maimoen (KH Maimoen Zubair, sesepuh PPP),” ujar Ida saat ditemui di kantor PC NU Kudus. Selain warga NU, Ida ingin menjalin silaturahm­i dengan semua elemen masyarakat di Jateng. Dia akan berbagi tugas dengan Sudirman Said untuk kunjungan berikutnya.

Di Jepara, Ida berkunjung ke kantor PC NU. Mantan ketua Fatayat NU itu diterima Ketua PC NU KH Hayatun Nufus (Mbah Yatun) serta puluhan pengurus dan badan otonom NU seperti Fatayat dan Muslimat. Hadir pula Ketua DPC PKB Jepara Nuruddin Amin dan jajarannya.

Ketua PC NU KH Hayatun Nufus mengungkap­kan, secara moral maupun pribadi, dirinya mendukung kader NU yang ingin memimpin Jawa Tengah. Namun, pihaknya tetap ingin menjaga netralitas NU secara organisato­ris.

’’Kalau ada kader NU, kenapa tidak. Dengan catatan, dalam pilkada nanti semua pihak harus menyelamat­kan suara warga NU. Namun, harus dengan cara yang sesuai dengan khitah,’’ katanya. Dia juga berpesan agar pilgub tidak sampai membuat warga NU menjadi terbelah dan kocar-kacir. ’’Kepentinga­n politik itu untuk lima tahun. Sedangkan NU untuk selamanya,” tegasnya.

Hanura Blora Dukung Ganjar Pranowo-Taj Yasin Sementara itu, DPC Partai Hanura Kabupaten Blora memantapka­n dukungan kepada Ganjar Pranowo dan Taj Yasin. Dukungan tersebut disampaika­n setelah rapat pleno PAC se-Kabupaten Blora kemarin.

Ketua DPC Hanura Edi Harsono menilai Ganjar berhasil memimpin Jawa Tengah. Karena itu, wajar jika dia didukung untuk kembali maju meneruskan periode berikutnya. Edi menambahka­n, sesuai arahan dari DPD Hanura Jateng, setiap kabupaten dibebaskan memilih untuk mendukung paslon. Karena itu, pihaknya mengadakan rapat pleno untuk menentukan arah dukungan.

Dia menjelaska­n, penentuan dukungan dilakukan secara demokratis. Para pengurus DPC tidak bergerak sendiri. Mereka melibatkan semua jajaran PAC.

 ?? M. KHOIRUL ANWAR/JAWA POS RADAR KUDUS ?? SILATURAHM­I: Ida Fauziyah (tiga dari kiri) bersama Ketua PC NU Jepara KH Hayatun Nufus (tengah) serta pengurus Muslimat dan Fatayat.
M. KHOIRUL ANWAR/JAWA POS RADAR KUDUS SILATURAHM­I: Ida Fauziyah (tiga dari kiri) bersama Ketua PC NU Jepara KH Hayatun Nufus (tengah) serta pengurus Muslimat dan Fatayat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia