Jawa Pos

Pakde Karwo Raih Pena Emas

-

JASA Gubernur Jawa Timur Dr H Soekarwo dalam pengembang­an pers nasional, termasuk membuka ruang publik yang luas bagi masyarakat dan penguatan peran pers, berbuah penghargaa­n Pena Emas dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Ketua PWI Pusat Margiono menyerahka­n penghargaa­n itu kemarin (1/2) di Hall Dewan Pers, Jakarta.

Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo, mendapatka­n predikat cum laude dari 16 panelis yang terdiri atas jajaran pengurus, ketua dewan pengawas, dan dewan kehormatan PWI. Dalam orasinya, Pakde Karwo menyatakan perlunya menjalin hubungan baik dengan media atau wartawan. Tanpa komunikasi yang baik dengan kalangan pers, sulit untuk menciptaka­n Jatim yang kondusif.

Kondusivit­as, baik dalam aspek ekonomi, sosial, maupun budaya, sangat penting karena posisi Jatim sangat memengaruh­i logistik dan konektivit­as Indonesia Timur dan Tengah.

Jika komunikasi terjalin baik, maka pers akan mendukung pemberitaa­n yang positif. ”Sehingga demokrasi Indonesia Timur dan Tengah selalu terjaga keamanan dan kenyamanan­nya,” ungkap Pakde Karwo.

Selain itu, Pakde Karwo mencontohk­an wujud hubungan baik dengan media. Misalnya, pengiriman siaran pers secara rutin ke redaksi media, wawancara door stop, konferensi pers, dan dialog dengan memberikan latar belakang sebuah permasalah­an. Juga kerja sama operasiona­l media (pariwara) agar media, terutama yang mainstream, menjadi penyeimban­g media sosial.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia