Jawa Pos

Siap Kucurkan Rp 709,9 Miliar untuk Palestina

-

BRUSSEL – Uni Eropa (UE) kembali menunjukka­n keberpihak­annya kepada Palestina. Setelah menolak ajakan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk mengakui Kota Jerusalem sebagai ibu kota Israel, UE kini menjanjika­n bantuan finansial. Itu mereka lakukan karena AS menahan pencairan bantuan untuk Palestina.

Kepala Kebijakan Luar Negeri UE Federica Mogherini mengatakan bahwa pihaknya akan mengucurka­n bantuan 42,5 juta euro atau setara Rp 709,9 miliar kepada Palestina. ”Ini adalah masa yang sulit bagi rakyat Pales- tina,” kata diplomat perempuan tersebut sebagaiman­a dilansir Al Jazeera kemarin (1/2).

Dalam pertemuan pertama tentang Palestina pascadekla­rasi Trump soal Jerusalem pada 6 Desember lalu, Mogherini menegaskan bahwa UE tidak akan sekadar memberikan bantuan finansial. Tetapi, juga paket bantuan lain bagi masyarakat Palestina di Jerusalem Timur. Sebelumnya, UE sudah memublikas­ikan dukunganny­a kepada rencana Palestina untuk menjadikan Jerusalem Timur sebagai ibu kota negara.

Di hadapan delegasi Israel dan Mesir serta perwakilan AS, Mogherini menegur pemerintah­an Trump. Menurut dia, perdamaian Israel dan Palestina hanya akan terwujud jika semua pihak bekerja sama.

”Konsep apa pun yang hanya diusung satu pihak tidak akan bisa direalisas­ikan. Tidak ada yang bisa melangkah tanpa AS. Tetapi, AS pun tidak bisa melangkah sendirian,” tegas Mogherini dalam pertemuan Rabu lalu (31/1). Dalam pertemuan itu, UE juga membahas dukungan Eropa terhadap UNRWA, badan PBB yang mengurusi para pengungsi Palestina.

 ?? MOHAMMED SALEM/REUTERS ?? CERIA DI MASA SULIT: Tiga bocah Palestina bermain tanpa beban di sekitar rumah mereka di kawasan utara Jalur Gaza pada Rabu (31/1).
MOHAMMED SALEM/REUTERS CERIA DI MASA SULIT: Tiga bocah Palestina bermain tanpa beban di sekitar rumah mereka di kawasan utara Jalur Gaza pada Rabu (31/1).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia