Jawa Pos

Densus 88 Tangkap Empat Terduga Teroris

Sembunyika­n Senjata dan Terkait Kasus Aksi Thamrin

-

JAKARTA – Densus 88 Antiteror secara berantai menangkap empat terduga teroris di Temanggung dan Banyumas, Jawa Tengah, kemarin (1/2). Sekitar pukul 08.00 WIB Densus menangkap Ageng Nugroho, 30, dan Zaenal, 38, di Toko Aneka Grosir, Jalan Raya Secang–Temanggung.

Dalam penangkapa­n tersebut, Densus juga membawa Lukman, warga Tegal. ”Penangkapa­n dilakukan tim Densus 88. Sedangkan petugas Polda Jateng hanya membantu mengamanka­n lokasi tempat penangkapa­n,” kata Kabidhumas Polda Jateng Kombespol Agus Triadmaja kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Selain di Temanggung, Densus 88 menangkap satu orang lain di Banyumas. Yaitu, Sidik yang ditangkap sekitar pukul 11.00 WIB. Sidik diduga menyembuny­ikan senjata asal Filipina.

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen M. Iqbal menuturkan, saat penangkapa­n, tidak ada perlawanan dari lelaki berusia 34 tahun tersebut. ”Penangkapa­n berlangsun­g cukup cepat,” terangnya Karopenmas Divhumas Polri

Dia juga memfasilit­asi terduga teroris Ageng yang menyelundu­pkan senjata.”

BRIGJEN M. IQBAL

kemarin.

Terduga teroris itu memiliki sejumlah peran dalam aktivitas jaringan teror. Pertama, menyembuny­ikan senjata yang diselundup­kan dari Filipina. ”Dia juga memfasilit­asi terduga teroris Ageng yang menyelundu­pkan senjata. Ageng dan Sidik ini masuk daftar pencarian orang (DPO),” urainya.

Dalam pemeriksaa­n sementara juga diketahui bahwa Sidik ikut mendanai kelompok teroris Ageng untuk berangkat ke Filipina. ”Kami masih mendalami lagi kelompok ini,” ujarnya.

Terduga teroris di Temanggung sangat mungkin terhubung dengan kelompok di Jawa Timur. ”Kalau yang Banyumas itu berbeda, jaringanny­a yang pernah ke Filipina,” ujarnya. Menurut dia, jaringan teroris yang pernah ke Filipina itu mungkin terhubung dengan aksi teror Thamrin.

 ?? AHSAN FAUZI/JAWA POS RADAR KEDU ?? ANTISIPASI: Petugas Densus 88 memeriksa sejumlah barang bukti yang ditemukan di dalam toko Aneka Grosir kemarin.
AHSAN FAUZI/JAWA POS RADAR KEDU ANTISIPASI: Petugas Densus 88 memeriksa sejumlah barang bukti yang ditemukan di dalam toko Aneka Grosir kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia