Jawa Pos

Lebih Mudah Final Klub Luar Jawa

-

PARTAI puncak Piala Presiden 2018 disiapkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada 17 Februari nanti. Rencananya, pada hari yang sama juga dilaksanak­an laga perebutan peringkat ketiga. Pengamanan berlapis sudah disiapkan panpel pusat.

Belajar dari pengalaman final Piala Presiden 2015 di SUGBK, ketika itu Persib Bandung bersua dengan Sriwijaya FC. Pengamanan berlapis disiapkan Polda Metro Jaya kala itu karena Persib yang lolos ke final.

Kali ini di laga final dipastikan tak ada Persib. Tapi, tetap ada kemungkina­n fans dalam jumlah besar menyerbu Jakarta. Apalagi kalau yang lolos ke final adalah klub dengan fans besar seperti Persebaya Surabaya, Arema, atau Persija Jakarta. ”Sejauh ini final masih konfirm di SUGBK,” ujar Tigorshalo­m Boboy, anggota OC Piala Presiden 2018.

Menurut Tigor, sapaan Tigorshalo­m, SUGBK menjadi venue yang paling representa­tif. Itu sekaligus menjadi tes bagi Inasgoc (panitia Asian Games 2018) dalam menangani penonton dalam jumlah besar. SUGBK memang diplot sebagai main venue Asian Games 2018.

Nanti upacara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 dilaksanak­an di SUGBK. Tigor menjelaska­n, akan lebih mudah bagi panitia menjalanka­n final apabila yang lolos klub dari luar Jawa. Asumsinya, suporter yang datang juga tidak membeludak.

Namun, panitia telah siap dengan segala kemungkina­n yang ada. Termasuk apabila Arema dan Persebaya yang lolos ke final. Artinya, panitia akan bekerja ekstrakera­s dan perlu penanganan khusus.

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? MEGAH: Stadion Utama Gelora Bung Karno akan dipakai untuk final Piala Presiden 2018 pada 17 Februari.
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS MEGAH: Stadion Utama Gelora Bung Karno akan dipakai untuk final Piala Presiden 2018 pada 17 Februari.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia