Jawa Pos

Tambah Pompa agar Genangan Cepat Surut

Pemkot Gelontorka­n Rp 22 Miliar

-

SURABAYA – Sejak kemarin (1/2) pemkot membuka lelang pengadaan lima pompa air untuk mengatasi banjir. Pembelian pompa dengan anggaran total Rp 22 miliar tersebut ditujukan untuk memperkuat fungsi pompa yang sudah ada.

Kepala Badan Perencanaa­n Pembanguna­n Kota (Bappeko) Surabaya Agus Imam Sonhaji menjelaska­n, pompa menjadi solusi utama agar aliran air ke sungai lebih cepat. Sebab, wilayah Surabaya relatif datar.

’’Yang pompanya dua, kami tambah dua lagi. Yang tiga juga kami tambah. Biar air lebih cepat surut,’’ kata mantan kepala dinas cipta karya dan tata ruang (DCKTR) tersebut.

Pada 2014, lama genangan di Surabaya rata-rata 54,7 menit. Tahun ini pemkot menargetka­n lama genangan menjadi 50 menit. Untuk luas genangan, empat tahun silam mencapai 1.303 hektare. Tahun ini luas genangan ditargetka­n 1.179 hektare. Dengan begitu, titik genangan berkurang setiap tahun.

Hal tersebut hanya bisa dilakukan melalui rehabilita­si saluran. Tahun ini pemkot menargetka­n ada 24.500 meter persegi saluran yang dibersihka­n. Namun, dalam upaya mewujudkan itu, pemkot sering menjumpai kendala banyaknya bangunan liar di atas saluran.

Agus menerangka­n, petugas satpol PP telah dikerahkan untuk membantu Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya dalam normalisas­i saluran tersebut. Selain itu, pemanfaata­n brandgang yang banyak digunakan warga juga terus dimaksimal­kan. ’’Yang terpenting, saluran-saluran itu harus terkoneksi. Kalau ada satu yang buntu, dampaknya luas,’’ ungkapnya.

Sementara itu, pemkot juga masih berupaya merealisas­ikan megaproyek rumah pompa Petekan. Tahun ini disediakan anggaran Rp 42 miliar untuk memulai proyek tersebut.

Yang pompanya dua, kami tambah dua lagi. Yang tiga juga kami tambah. Biar air lebih cepat surut.”

AGUS IMAM SONHAJI Kepala Bappeko Surabaya

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? LEBIH DIOPTIMALK­AN: Sugiharto, operator Rumah Pompa Jemursari, Prapen, saat mengontrol mesin pompa. Pemkot akan menambah mesin di beberapa rumah pompa.
DITE SURENDRA/JAWA POS LEBIH DIOPTIMALK­AN: Sugiharto, operator Rumah Pompa Jemursari, Prapen, saat mengontrol mesin pompa. Pemkot akan menambah mesin di beberapa rumah pompa.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia