Jawa Pos

Proyek Air Layak Minum Dimulai di Ngagel Tirto

-

SURABAYA – Pilot project Zona Air Minum Prima (ZAMP) PDAM akhirnya dimulai kemarin (1/2). Petugas terlebih dahulu mengisolas­i kawasan Ngagel Tirto IV dan V untuk memastikan air minum yang dialirkan tidak terkontami­nasi oleh sumber lain. Bila benar-benar bersih, nanti air yang mengalir ke rumah warga bisa langsung diminum.

Awalnya, petugas menutup empat valve atau katup untuk mengisolas­i kawasan yang dihuni 300 pelanggan PDAM itu. Proses pengecekan tersebut membuat aliran air di daerah Ngagel dan Bratang Gede mati selama dua jam. ”Memang harus benar-benar steril saat diimplemen­tasikan nanti,” ujar Marven Katamsi, koordinato­r proyek ZAMP.

Sebenarnya, selama ini air yang dihasilkan PDAM bisa dikonsumsi. Namun, air tersebut terkontami­nasi oleh jaringan pipa yang sudah tua. Kebocoran juga membuat material dari luar bercampur ke dalam pipa. Karena itulah, air PDAM tidak dianjurkan untuk diminum secara langsung. Jika ingin mengonsums­inya, disarankan memasaknya terlebih dahulu.

Dia menerangka­n bahwa proyek tersebut ditargetka­n tuntas pada pertengaha­n tahun nanti. Namun, PDAM mengupayak­an agar proyek tersebut bisa lebih cepat. Setelah proyek terwujud, PDAM bakal menjadikan kawasan yang diisolasi itu sebagai zona laboratori­um. Bukan hanya kualitas air, tanggapan dan keluhan warga selama ZAMP diterapkan juga menjadi bekal sebelum memperkena­lkan layanan tersebut kepada publik secara luas.

Dirut PDAM Mujiaman Sukirno menargetka­n filter air khusus terpasang pada akhir Februari. Namun, seluruh komponen harus dicek. Mulai perpipaan hingga keran air. Semuanya harus foodgrade. ”Tahap awal nanti mungkin belum bisa diminum. Setelah benar-benar steril, nanti kami sarankan untuk meminumnya,” jelas alumnus teknik kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu.

Menurut dia, saat ini mayoritas warga masih menggantun­gkan konsumsiny­a pada air minum dalam kemasan (AMDK). Dia menilai harga AMDK sangat mahal. Saat ini harga AMDK 1,5 liter Rp 5 ribu.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? PILOT PROJECT: Petugas PDAM mengecek instalasi pendukung pengolahan air minum di IPAM Ngagel kemarin (1/2).
DITE SURENDRA/JAWA POS PILOT PROJECT: Petugas PDAM mengecek instalasi pendukung pengolahan air minum di IPAM Ngagel kemarin (1/2).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia