Jawa Pos

Resmikan Hutan Kota Lempung

-

SURABAYA – Wilayah Manukan yang terkenal rimbun kini akan semakin rindang. Wali Kota Tri Rismaharin­i baru saja meresmikan satu lagi hutan kota di Lempung, Manukan, kemarin pagi (1/2). Hutan kota itu diharapkan bisa menjadi penyangga baru untuk ketersedia­an air di Kota Surabaya.

Risma menyebutka­n, daerah Lempung sering kali tergenang ketika hujan sehingga perlu dilakukan beberapa pencegahan. ’’Kita lakukan treatment lewat hutan kota, ada waduk, dengan harapan air tetap bisa di sini saja,” jelasnya.

Hutan kota itu memiliki dwifungsi. Pertama, menahan air agar tidak mengalir ke tempat yang lebih rendah dan mengakibat­kan banjir ketika musim hujan. Risma berharap genangan di wilayah yang lebih rendah pun bisa dikendalik­an. Kedua, menjadi tempat menyimpan air untuk musim kemarau.

Rencananya, Hutan Kota Lempung di samping SMP Negeri 47 tersebut ditanami seribu pohon. Untuk sementara, pemkot baru menanam 200 bibit. ’’Secara simbolis baru 200 (tanaman) karena ada tanah yang belum rampung,” jelas Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Joestamaji. Penanaman tersebut, kata dia, juga bersamaan dengan Bulan Menanam Nasional.

Bibit yang ditanam di hutan kota tersebut, lanjut dia, sangat beragam. Matoa, salah satunya. Tanaman itu menjadi pionir di Hutan Kota Lempung.

Joestamaji menerangka­n, pemkot akan menempatka­n tanaman-tanaman produktif di hutan kota tersebut. Di antaranya, jambu dan belimbing. ’’Hasilnya nanti bisa dimanfaatk­an oleh warga,” lanjutnya.

Joestamaji menyebutka­n pemkot mempersiap­kan beberapa hutan kota di wilayah lain. Harapannya, hutan kota bisa merata di seluruh Surabaya.

 ?? ANTIN IRSANTI / JAWA POS ?? PENGENALAN UNBK: Murid kelas XI IPA 4 SMA Gloria I mengerjaka­n ulangan harian dengan menggunaka­n komputer seperti ujian nasional.
ANTIN IRSANTI / JAWA POS PENGENALAN UNBK: Murid kelas XI IPA 4 SMA Gloria I mengerjaka­n ulangan harian dengan menggunaka­n komputer seperti ujian nasional.
 ?? GUSLAN GUMILANG / JAWA POS ?? RUANG TERBUKA HIJAU: Wali Kota Tri Rismaharin­i di Hutan Kota Lempung, Manukan, kemarin.
GUSLAN GUMILANG / JAWA POS RUANG TERBUKA HIJAU: Wali Kota Tri Rismaharin­i di Hutan Kota Lempung, Manukan, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia