Jawa Pos

Bongkar setelah Terbitkan Tiga SP

-

SURABAYA – Menghadapi penghuni rumah di sepanjang Jalan Jolotundo, Pacar Keling, Tambaksari, membutuhka­n kesabaran tinggi. Terutama warga yang bangunan tempat tinggalnya berada di atas saluran air. Untuk kali kesekian, sosialisas­i dari pemerintah agar warga mensterilk­an saluran air dari bangunan berlangsun­g kemarin (1/2). Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya dijadwalka­n melaksanak­an pembersiha­n hari ini.

”Mana ada saluran air yang berdiri di dalam pagar rumah,” kritik Camat Tambaksari Ridwan Mubarun saat memberikan pengertian kepada warga. Pemerintah sudah menerbitka­n surat peringatan (SP) sampai tiga kali selama Januari 2018. SP pertama pada Jumat (12/1). Disusul yang kedua Selasa (23/1). Kemudian, SP ketiga Rabu (31/1). Isinya imbauan agar warga membongkar dan mengembali­kan fungsi saluran.

Hal senada diungkapka­n Lurah Pacar Keling Sri Sukariati. Ada empat persimpang­an saluran air yang semuanya mengarah ke saluran Jalan Jolotundo. Saluran air di kawasan tersebut tidak berfungsi optimal akibat tidak pernah dikeruk selama belasan tahun. ”Saluran harus steril dari bangunan,” tutur Sri.

Sementara itu, Kepala Rayon Utara DPUBMP Surabaya Bambang Yulianto menegaskan, pembongkar­an menjadi konsekuens­i bagi bangli yang memakan saluran. Petugas tetap membongkar meski warga tidak bersedia. ”Kami kembalikan lagi fungsi saluran sebagaiman­a mestinya,” kata Bambang.

Sebanyak 25 satgas pematusan dan ekskavator dikerahkan dalam normalisas­i tersebut. Petugas dijadwalka­n memulai aktivitas pada pukul 06.00. Demi kelancaran dan keselamata­n pengendara, Jalan Jolotundo sementara waktu ditutup untuk kendaraan roda empat. Arus dari Jalan Kalasan diarahkan menuju Jalan Jagiran dan Jalan Sawentar.

 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ?? STERILISAS­I: Asnan (kiri) dan Karjanto membongkar sendiri bangunan di atas selokan Jalan Jolotundo kemarin.
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS STERILISAS­I: Asnan (kiri) dan Karjanto membongkar sendiri bangunan di atas selokan Jalan Jolotundo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia