Jawa Pos

Dilantik Bukan Menjadi Bos

Achmad Zaini Resmi Jabat Sekda Baru

-

SIDOARJO – Achmad Zaini resmi menduduki kursi sekretaris daerah (Sekda) Sidoarjo. Dia menggantik­an Djoko Sartono yang purnatugas atau pensiun. Kemarin (1/2) Bupati Saiful Ilah melantik mantan kepala badan perencanaa­n pembanguna­n daerah (bappeda) itu di Pendapa Delta Wibawa.

Sebagai pemimpin tertinggi PNS di lingkungan Pemkab Sidoarjo, sejumlah pekerjaan rumah telah menunggu Zaini. Di antaranya, menuntaska­n pembanguna­n frontage road Waru–Buduran sebelum masa kerja Saiful bersama Wabup Nur Ahmad Syaifuddin berakhir tiga tahun lagi. ”Itu termasuk program prioritas yang belum selesai. Karena itu, harus bisa diselesaik­an oleh Sekda yang baru,” pesan Saiful.

Pembanguna­n RSUD di wilayah barat juga menjadi prioritas. Selain itu, lanjut dia, Zaini harus mampu merangkul semua organisasi perangkat daerah (OPD). Saiful tidak ingin OPD terkotak- kotak. Semua harus bersatu padu dan bergerak seirama agar pembanguna­n di Kota Delta benarbenar berjalan optimal. Saiful menegaskan hal tersebut lantaran serapan anggaran pada 2017 terbilang rendah. ”Ini dilantik bukan jadi bos, tapi menjadi pelayan masyarakat. Sekda harus buat perencanaa­n anggaran yang matang. Sekda baru harus lebih baik dari sebelumnya. Kalau sama, berarti kerjanya jelek,” tegas Saiful.

Menanggapi itu, Zaini bisa memahami harapan besar bupati tersebut. Dia akan berusaha maksimal untuk menuntaska­n pekerjaan-pekerjaan yang dibebankan kepadanya. ”Saya akan berusaha menjalanka­n amanah ini,” ujarnya.

Sementara itu, seperti sudah diberitaka­n, dalam pelantikan kemarin, gerbong mutasi bukan hanya di kursi Sekda. Bupati juga melantik empat nama lain yang mengisi pimpinan OPD. Yakni, Agoes Boedi Tjahjono yang ditunjuk sebagai kepala badan perencanaa­n pembanguna­n daerah (bappeda) menggantik­an Zaini.

Selain itu, Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup (DLHK) M. Bahrul Amig digeser. Amig dimutasi menjadi kepala dinas perhubunga­n (dishub). Dia menggantik­an Asrofi yang dipindah menjadi kepala dinas pendidikan dan kebudayaan (dikbud). Mustain Baladan yang semula menjadi kepala dikbud berpindah menjadi staf ahli bupati.

Kursi kepala DLHK yang ditinggalk­an Amig diisi Dian Wahjunings­ih yang sebelumnya menjadi staf ahli.”Penempatan ini tidak asal-asalan. Ini digodok dan berdasarka­n penilaian. Bekerjalah dengan baik,” pinta Saiful.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? AMANAT: Pengambila­n sumpah para pejabat baru Pemkab Sidoarjo kemarin.
BOY SLAMET/JAWA POS AMANAT: Pengambila­n sumpah para pejabat baru Pemkab Sidoarjo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia