Jawa Pos

Kembangkan Kawasan Industri Strategis Suramadu

-

SURABAYA – Badan Pengembang­an Wilayah Surabaya-Madura (BPWS) bersama PT Boma Bisma Indra (Persero) sedang menyiapkan sebuah kerja sama untuk mengembang­kan kawasan industri strategis Suramadu di wilayah Madura. Rencananya, kawasan tersebut memiliki sembilan zona yang dapat menjadi sebuah kawasan industri terintegra­si.

Deputi Bidang Perencanaa­n BPWS Agus Wahyudi mengungkap­kan, sembilan zona itu meliputi zona pendidikan, zona usaha baru, zona bisnis start-up riset dan teknologi, serta zona pusat kendali (tower center control). Kemudian, zona industri bangunan lepas pantai dan komponen, zona industri logam dasar, serta zona industri pertahanan dan hi-tech.

Selanjutny­a, zona industri maritim dan industri berat serta zona kelistrika­n. ”Pengembang­an kawasan industri tersebut saat ini masih dalam tahap perencanaa­n yang nanti dilaporkan kepada kementeria­n terkait dan akan ditawarkan kepada para investor. Kerja sama pembentuka­n kawasan industri itu akan terintegra­si dengan Pelabuhan Tanjung Bulu Pandan serta jalan tolnya,” papar Agus.

Direktur Utama BBI Rahman Sadikin menjelaska­n, dalam kerja sama tersebut, pihaknya memiliki peran untuk membuat kajian atau studi kelayakan bisnis dalam setiap proyek di kawasan itu. ”Termasuk mengumpulk­an BUMN strategis yang siap masuk dan ikut mengembang­kan industri mandiri di Madura,” katanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia