Jawa Pos

Makin Doyan Diving

-

ATURAN Federasi Sepak Bola Inggris (FA) tentang diving sejatinya mulai diterapkan di Premier League musim ini. Sanksinya tegas. Pelaku dilarang berlaga dalam dua pertanding­an.

Tudingan diving kepada Harry Kane dan Erik Lamela di Anfield kemarin (5/2) memang memicu perdebatan. Namun, setelah wasit Jon Moss memberikan penalti untuk dua pemain Spurs itu, cap curang untuk Kane dan Lamela bisa tereduksi.

Berbeda halnya dengan terjatuhny­a Dele Alli di kotak 16 Liverpool pada menit ke-69. Dari tayangan ulang, tidak ada kontak antara Alli dan bek tengah Liverpool Dejan Lovren. Tanpa ragu, wasit Moss memberikan kartu kuning untuk gelandang serang Spurs tersebut.

Perlu dicatat, itu adalah kartu kuning ketiga Alli atas aksi diving-nya di Premier League. Sebelumnya, diving terjadi saat melawan Manchester United pada April 2016 dan kontra Huddersfie­ld Town pada September 2017. Dalam tiga musim terakhir, cuma Alli yang tiga kali mengantong­i kartu kuning karena diving.

Pelatih Spurs Mauricio Pochettino pun terang-terangan mengkritik pemain 21 tahun tersebut. ’’Dia harus belajar. Tipikal aksinya itu tidak akan membantuny­a untuk berkembang, tidak akan membantu tim, dan tidak membantu sepak bola,” tuturnya, sebagaiman­a dikutip Daily Mail.

 ?? ANDREW YATES/REUTERS ?? NAKAL: Dele Alli bersitegan­g dengan Dejan Lovren kemarin.
ANDREW YATES/REUTERS NAKAL: Dele Alli bersitegan­g dengan Dejan Lovren kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia