Jawa Pos

Susun Raperda Parkir dari Awal

-

SURABAYA – Minimnya lahan parkir di DPRD kembali disinggung dewan. Ketua Komisi D Agustin Poliana mengeluhka­n hal itu saat membahas raperda tentang penyelengg­araan perparkira­n dan retribusi parkir di gedung DPRD Surabaya kemarin (5/2). Menurut Agustin yang juga wakil ketua pansus raperda tersebut, sebelum menegakkan aturan parkir, pejabat pemkot dan wakil rakyat harus memberi contoh yang baik.

’’Enggak perlu jauh-jauh. Di depan gedung dewan ini temanteman terpaksa memarkir kendaraann­ya di jalan. Dan, itu tidak ditariki,” ungkit Agustin. Dalam rapat raperda itu, pansus kembali mengundang pakar hukum Unair Radian Salman. Namun, pakar hukum yang dihadirkan bukan pakar untuk mengawal naskah raperda yang disusun badan pembentuka­n perda (BPP). Ada kesalahan fatal yang dilakukan sebelumnya. Draf raperda disusun dengan cantolan UU Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yang ternyata sudah direvisi.

Agustin juga menyinggun­g kemacetan saat ada kegiatan di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo. Salah satunya disebabkan kendaraan pejabat yang sering parkir di pinggir jalan itu. Sedikitnya tiga sekolah di sekitar Grahadi juga membuat jalan tersebut semakin padat. Terutama saat jam masuk dan pulang sekolah. Selain itu, banyak juru parkir bandel. Tarif parkir mobil hanya Rp 3.000. Namun, saat jukir diberi uang Rp 5 ribu, sering kali uang kembalian tidak diberikan. Sistem setoran dan target perlu dievaluasi.

”Biar warga yang parkir itu merasa aman, bukan merasa terancam,’’ jelasnya. Agustin juga mengusulka­n agar tarif dinaikkan untuk mengembali­kan fungsi jalan yang notabene tidak diperuntuk­kan lahan parkir. Bahkan, dia mengusulka­n agar tarif di sejumlah titik dinaikkan menjadi Rp 50 ribu. Dengan begitu, keinginan pemkot untuk mengurangi penggunaan kendaraan lebih efektif.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? CONTOH BURUK: Belasan mobil pejabat pemkot dan anggota DPRD Surabaya terparkir di depan gedung DPRD kemarin. Padahal, saat ini mereka membahas raperda soal parkir.
DITE SURENDRA/JAWA POS CONTOH BURUK: Belasan mobil pejabat pemkot dan anggota DPRD Surabaya terparkir di depan gedung DPRD kemarin. Padahal, saat ini mereka membahas raperda soal parkir.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia