Jawa Pos

Uji Kir Disiapi Lahan Baru

-

GRESIK – Kepala Dinas Pertanahan Gresik Tarso Sagito memastikan Pemkab Gresik telah membeli lahan baru untuk lokasi UPT Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubunga­n Gresik. Lokasi itu menjadi pengganti lahan milik Pemprov Jatim di Jalan dr Wahidin Sudirohuso­do yang ditempati sekarang.

Lahan baru itu seluas 2,1 hektare. ”Lokasinya berada di Cerme Lor,” ujar Tarso kemarin. Gedung uji kir akan dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (DPUTR) Gresik. ”PUTR sedang melakukan perencanaa­n hingga pembanguna­n,” ujarnya. Anggaranny­a sekitar Rp 5 miliar.

Kepala UPT PKB Dishub Gresik Gunawan mengatakan, UPT PKB merupakan dinas penghasil di Dishub Gresik. Dalam sebulan, ada 1.760 unit kendaraan umum dan barang yang menjalani uji kir. ”Kalau dirata-rata, ada 85 kendaraan setiap harinya,” katanya.

Karena itulah, Gunawan optimistis target retribusi uji kir Rp 2,1 miliar pada 2018 ini terpenuhi. ”Estimasi kenaikan pendapatan retribusi berkisar 5–10 persen per tahun,” ujarnya.

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? UKUR KELAYAKAN: Petugas layanan uji kir kantor UPT PKB sedang memeriksa kendaraan angkutan barang.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS UKUR KELAYAKAN: Petugas layanan uji kir kantor UPT PKB sedang memeriksa kendaraan angkutan barang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia