Jawa Pos

Picu Jalan Longsor Lagi

-

GRESIK – Proyek pemasangan pipa gas benar-benar meresahkan pengendara. Selama proyek berlangsun­g Jalan Mayjen Sungkono rusak parah. Bahkan, jalan di lokasi penggalian ambrol dan ambrol lagi.

Kemarin (5/1) Jalan Mayjen Sungkono longsor. Hampir setengah badan jalan. Kondisi itu membahayak­an pengendara. ’’Harus hati-hati. Salah-salah bisa nyemplung ke lubang galian,’’ kata Nur Ali, seorang pengendara.

Selain itu, jalanan jadi macet. Antrean kendaraan dari dua arah mengular sampai hampir 1 kilometer. ’’Kalau tidak segera ditimbun, kami khawatir aspal yang longsor lebih lebar,’’ kata warga Gulomantun­g itu.

Heriyono, 50, seorang pekerja, mengatakan bahwa aspal longsor terjadi saat penggalian pipa kemarin dini hari. Pipa berdiamete­r 700 milimeter (mm) itu ditanam sedalam 3 meter. Karena galian yang terlalu dalam, aspal pun ambrol. Lebih-lebih, kondisi tanah labil sehingga aspal mudah longsor.

Pekerja bakal menutup lubang galian pipa dan memperbaik­i jalan yang ambrol. Bagaimana soal keamanan pengendara? ’’Kami ada petugas yang menjaga safety. Mudah-mudahan tetap aman,’’ katanya.

Sebelumnya, penggalian pipa mengakibat­kan jalan longsor di Jalan Prambangan, Banjari, Cerme. Proyek pipa tersebut direncanak­an sepanjang 267 kilometer. Dari Gresik menuju ke Semarang.

 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? AMBROL: Akibat galian pipa bawah tanah, aspal Jalan Mayjen Sungkono longsor kemarin.
UMAR WIRAHADI/JAWA POS AMBROL: Akibat galian pipa bawah tanah, aspal Jalan Mayjen Sungkono longsor kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia