Jawa Pos

Harus Cari Alternatif yang Jauh

-

SURABAYA – Dua tempat pemakaman umum (TPU) yang dikelola pemkot di wilayah selatan sangat padat. Dua TPU itu adalah Peneleh di Kecamatan Genteng dan Kembang Kuning di Sawahan.

Peneleh memiliki luas 45 ribu meter persegi, sedangkan Kembang Kuning 367 ribu meter persegi. Sebenarnya ada satu TPU yang lokasinya berbagi dengan wilayah timur, yakni TPU Ngagel Rejo di Jalan Ngagel Jaya Selatan. Kondisinya juga padat.

Dari setiap TPU tersebut, Kembang Kuning memiliki kriteria khusus. Yakni, TPU untuk umat Kristen dan Katolik. Jumlah jenazah yang dimakamkan di TPU yang mulai digunakan pada 1916 itu sudah mencapai puluhan ribu orang.

Camat Sawahan M. Yunus hanya bisa memantau kondisi di lapangan. Dia menyatakan, semua lahan di makam tersebut sudah ditempati. Penggali kubur sering kesulitan ketika ada warga yang meninggal. ’’Harus berimpitan dengan makam lainnya,’’ ujarnya.

Padatnya TPU Kembang Kuning mengharusk­an warga untuk memilih lokasi lain. TPU lain yang juga menampung warga nonmuslim. Yakni, di Keputih, Sukolilo. TPU itulah yang menjadi alternatif. ’’Cukup jauh, tapi memang itu alternatif yang ada,’’ jelas Yunus.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia