Jawa Pos

Khofifah-Saifullah ’’Bertarung’’ di Kediri

-

KEDIRI – Dua bakal calon gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Saifullah Yusuf, kemarin (6/2) sama-sama mengadakan acara di Kota Kediri

Khofifah bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bersama ribuan kadernya di Insumo Kediri Convention Center (IKCC). Sedangkan di Pondok Pesantren (Ponpes) Lirboyo, Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno merapatkan barisan dengan para santri dan kiai.

Di IKCC, Khofifah memberikan sambutan di hadapan kader-kader PAN. Dia menyatakan, Kediri sangat strategis untuk basis pemenangan­nya. Sebab, organisasi Muslimat NU di Kediri cukup kuat. Apalagi Lilik Muhibbah, calon wakil wali kota Kediri, juga tokoh Muslimat NU. Karena itu, Khofifah yakin semakin mudah meraup dukungan, terutama dari kalangan Muslimat NU.

Ketua umum PP Muslimat NU itu menyatakan, dirinya bersama calon wakil gubernur (cawagub) Emil Dardak sudah menyiapkan sembilan program unggulan. Dia menyebut program tersebut dengan Nawa Bhakti Satya. ’’Kami bersamasam­a akan mengemban amanat tersebut,’’ tegasnya seperti dilaporkan Jawa Pos Radar Kediri.

Acara itu dihadiri Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan serta pasangan calon (paslon) wali kota Kediri Abdullah Abu Bakar dan Lilik Muhibbah. Ada pula calon bupati (cabup) Nganjuk Siti Nurhayati atau yang lebih akrab disapa Hanung.

Zulkifli menegaskan, dirinya bakal memimpin langsung upaya pemenangan Khofifah-Emil. ’’Saya akan menyiapkan waktu khusus selama tiga minggu untuk keliling Jatim,’’ katanya.

Dia juga mengirimka­n instruksi ke seluruh jajaran pengurus serta kader PAN untuk memenangka­n Khofifah-Emil. Ada 12 ribu hingga 13 ribu kader yang siap diterjunka­n. Kader-kader tersebut akan dikerahkan hingga ke tempat pemungutan suara (TPS).

Zulkifli memperkira­kan, di satu TPS bisa ditempatka­n 1–2 kader partai. ’’Kami sangat siap memenangka­n Khofifah dan Emil,’’ tegasnya. Dia bahkan secara khusus menugasi Ketua DPW PAN Jatim Masfuk untuk mengawal pemenangan Khofifah-Emil.

Kiai Pendukung Gus Ipul

Konsolidas­i Pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno (Gus IpulPuti) berikrar dan meminta restu para kiai yang berkumpul di Ponpes Lirboyo. Ikrar itu terdiri atas lima poin.

Antara lain, setia pada NKRI, memegang teguh prinsip ahlussunna­h wal jamaah, serta berjanji selalu meminta saran kiai terkait dengan pengambila­n keputusan strategis bila terpilih nanti. ’’Kami juga akan perkuat pendidikan agama. Selain itu, kami akan terus menjaga tradisi pondok,’’ ujar Gus Ipul.

Dia juga berjanji memberikan perhatian lebih pada pondok pesantren. Baik di bidang kesehatan maupun ekonomi. Gus Ipul siap mendorong ekonomi santri yang diwadahi dalam badan usaha milik pesantren. ’’Itulah yang akan kami perjuangka­n,’’ tegasnya.

Para kiai yang hadir mengajak masyarakat untuk memenangka­n Gus Ipul-Puti. Menurut Muhaimin Iskandar, ketua umum PKB, kiai sepuh sudah mengambil sikap bahwa ulama harus ikut memakmurka­n Jawa Timur. Caranya, mendukung Gus Ipul.

’’Setelah pulang dari acara ini, para kiai, santri, orang tua santri, agar juga mendukung (Gus IpulPuti),’’ pinta politikus yang karib disapa Cak Imin itu.

Muhaimin juga memastikan bahwa kiai di Jatim kompak dalam satu barisan. Dengan dukungan para kiai tersebut, dia optimistis calon yang diusung partainya bisa memenangi pilgub Jatim. ’’Kami sangat berterima kasih kepada para kiai sepuh se-Jawa Timur,’’ ucapnya.

Sementara itu, perwakilan kiai sepuh, Kiai Miftahul Akhyar, mengungkap­kan, Gus Ipul dipandang siap menjalanka­n aspirasi ulama. Pengasuh Ponpes Miftahul Jannah, Kedung Tarukan, Surabaya, itu menegaskan bahwa para kiai sepuh mendukung sepenuhnya Gus Ipul.

Menurut dia, Jawa Timur berbeda dengan daerah lain. Jatim memiliki kekuatan kebatinan yang tinggi dengan dukungan para kiai. Itulah, kata dia, yang akan menjadi kekuatan Gus Ipul untuk memenangi pilgub.

Sementara itu, Puti mengungkap­kan, berlaga di Jatim menjadi panggilan untuk mengabdi di tanah kelahiran sang kakek, Soekarno. Dia menuturkan, sejak dulu Soekarno selalu berdiskusi dengan para ulama dalam menentukan keputusan-keputusan besar bangsa.

’’Sekarang saya melakukann­ya, merintis kembali apa yang sudah dicontohka­n kakek saya,’’ ucapnya.

 ?? DPW PAN JATIM FOR JAWA POS ?? SATU BARISAN: Khofifah Indar Parawansa bersama Zulkifli Hasan (kiri) dan Abdullah Abu Bakar di Insumo Kediri Convention Center (IKCC) kemarin.
DPW PAN JATIM FOR JAWA POS SATU BARISAN: Khofifah Indar Parawansa bersama Zulkifli Hasan (kiri) dan Abdullah Abu Bakar di Insumo Kediri Convention Center (IKCC) kemarin.
 ?? TIM PEMENANGAN GUS IPUL-PUTI FOR JAWA POS ?? MINTA RESTU: Saifullah Yusuf (kanan) bersama KH Mutawakkil Alallah (tengah) dan Muhaimin Iskandar di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, kemarin.
TIM PEMENANGAN GUS IPUL-PUTI FOR JAWA POS MINTA RESTU: Saifullah Yusuf (kanan) bersama KH Mutawakkil Alallah (tengah) dan Muhaimin Iskandar di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia