Jawa Pos

Berkas Dua Paslon Sudah Beres

KPU Siap Tetapkan Kontestan Pilgub Jatim

-

SURABAYA – Hasil perbaikan berkas persyarata­n seluruh bacagub-bacawagub kontestan pilgub Jatim sudah selesai akhir bulan lalu. Namun, KPU Jatim belum membeberka­n secara resmi hasilnya.

Lembaga penyelengg­ara pemilu itu akan mengumumka­n lolos tidaknya dua pasangan calon (paslon), yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno, pada 12 Februari.

Ketua KPU Jatim Eko Sasmito membenarka­n bahwa proses pemeriksaa­n berkas pendaftara­n (persyarata­n pencalonan maupun syarat calon) sudah selesai. ”Tinggal diumumkan. Tapi, pengumuman­nya nanti dilak- sanakan serentak sesuai tahapan (12 Februari, Red),” ujarnya.

Senada, Komisioner KPU Jatim M. Arbayanto belum bersedia membeberka­n hasil akhir. Hanya, dia mengakui bahwa seluruh kandidat sudah melengkapi seluruh berkas persyarata­n yang ditetapkan KPU. ”Hasilnya, semua sudah lengkap dan memenuhi,” katanya.

Namun, kata Arbayanto, tetap ada fase yang harus ditempuh oleh kedua paslon. ”Salah satunya pengaduan publik. Terkait hasil akhirnya, kita tunggu tanggal 12 Februari,” katanya.

Meski demikian, hampir dipas- tikan dua paslon lolos dan ditetapkan sebagai cagub-cawagub. Itu terlihat dari pengumuman hasil perbaikan berkas syarat calon seluruh kontestan pilgub dari KPU Jatim. Hasilnya, semua kandidat sudah melengkapi.

Lolosnya duet Khofifah-Emil dan Saifullah-Puti juga terlihat ketika masingmasi­ng tim pemenangan mengikuti tahapan persiapan lanjutan bersama KPU. Mulai rakor persiapan kampanye hingga rapat bersama deklarasi damai.

Ditanya soal itu, Eko menjawab diplomatis. Dia menyebut, KPU mengundang para tim sukses dalam kapasitas sebagai pendaftar. ”Jadi, bukan karena mereka sudah lolos,” katanya.

Sementara itu, hingga penutupan fase pengaduan publik atas keabsahan syarat calon, tidak ada satu pun laporan yang masuk. Baik ke KPU maupun Bawaslu. Hal itu juga diakui oleh Komisioner Bawaslu Jatim Aang Kunaifi. ”Namun, untuk pengumuman­nya, tetap kita tunggu tahapan yang sudah disusun,” jelasnya.(ris/c6/oni)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia