Jawa Pos

Pengungsi Capai Enam Ribu Jiwa

-

JAKARTA – Banjir yang melanda wilayah DKI Jakarta akibat luapan Sungai Ciliwung masih berlangsun­g hingga tadi malam (6/2). Badan Nasional Penanggula­ngan Bencana (BNPB) mencatat 11 ribu orang terdampak

Sebanyak 6 ribu di antaranya harus mengungsi.

Berdasar laporan BPBD DKI Jakarta, hingga Selasa siang, banjir telah merendam rumah milik 7.228 kepala keluarga atau 11.450 jiwa. Banjir merendam 141 RT dan 49 RW di 20 kelurahan pada 12 kecamatan di Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Jakarta Barat.

Tercatat, 6.532 jiwa telah meninggalk­an rumah. Tersebar di 31 titik pengungsia­n di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Jumlah itu bisa membengkak karena masih banyak warga yang harus mengungsi, tapi memilih bertahan di rumahnya yang terendam banjir. ”Mereka tetap berada di rumahnya. Perabotan rumah tangga mereka telah dipindahka­n ke lantai atas di rumahnya,” kata Kapusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho kemarin.

Kepada para pengungsi, bantuan berupa tenda penampunga­n dan kebutuhan lainnya sudah disalurkan. ”Secara umum penanganan berlangsun­g lancar,” ujar Sutopo.

Hingga Selasa pukul 12.00 WIB, tinggi muka air di Bendung Katulampa dan Depok berada dalam posisi normal (siaga 4), sedangkan di Manggarai masih siaga 3. ”Kondisi banjir relatif cepat surut karena debit dari bagian hulu menurun dan tidak ada hujan lokal yang berintensi­tas tinggi,” kata Sutopo lagi.

Selain itu, normalisas­i Sungai Ciliwung yang dilakukan sebe- lumnya menjadikan debit sungai lebih lancar mengalir. Petugas dari Pemda DKI Jakarta telah bersiaga di lapangan untuk mengantisi­pasi banjir. Pemprov DKI menyiagaka­n hampir 500 pompa.

Sutopo menjelaska­n, BNPB terus mendamping­i BPBD dalam penanganan banjir di Jakarta. Petugas dari pemda bersama LSM dan ormas berada di lokasi serta membantu melakukan upaya penanggula­ngan bencana banjir. Sebanyak 31 titik pos pengungsi telah dibuka oleh BNPB, BPBD, dan masyarakat di fasilitas umum seperti masjid, aula, kantor kelurahan, kantor kecamatan, RPTRA, dan fasilitas pendidikan yang telah dihuni serta siap menerima warga yang akan mengungsi.

 ?? MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS ?? EVAKUASI: Petugas membantu warga mengungsi di Kampung Pulo, Jakarta, kemarin.
MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS EVAKUASI: Petugas membantu warga mengungsi di Kampung Pulo, Jakarta, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia