Jawa Pos

Artis Bisa Bantu Sembuhkan Luka Psikologis

Datangnya seorang artis di tengah medan bencana diharapkan mampu mengurangi beban para korban. Membuat mereka kembali menyunggin­gkan senyum. Menjadi titik balik untuk bangkit. Berikut obrolan wartawan Jawa Pos Glandy Burnama dengan ketua Persatuan Artis F

-

Sejak kapan mulai menaruh perhatian pada agenda tanggap bencana?

Pada 2006 saya sempat mengunjung­i lokasi gempa di Jogjakarta. Setelah melihat kondisi rumah-rumah yang hancur serta beberapa warga yang menjadi korban, saya berpikir kalau pendidikan kesadaran atau tanggap bencana harus segera dilakukan. Saya tidak ingin setiap kali gempa kita selalu mendapat kerugian besar atau korban jiwa.

Sebagai duta Tagana, apa saja yang Anda lakukan? (Tagana adalah relawan masyarakat yang aktif dalam penanggula­ngan bencana. Anggotanya mencapai 40 ribu orang se-Indonesia).

Saya bersama Tagana terlibat dalam penyaluran bantuan ke lokasi terdampak bencana. Kami harus memastikan barang bantuan sampai ke lokasi dan digunakan secara tepat. Saya juga sempat ikut dalam proses evakuasi korban jiwa.

Seberapa penting peran pekerja seni/ artis dalam penanggula­ngan bencana?

Kehadiran artis di lokasi terdampak bencana bisa menjadi penyembuh luka psikologis korban. Artis bisa membantu distribusi barang bantuan sekaligus memberikan support kepada para korban sehingga mereka lebih terhibur atau tenang. Itu sebabnya, saat Desember lalu, saya hadir ketika Tagana mengangkat sejumlah pekerja seni sebagai rekanan.

Pernah berada dalam situasi bencana?

Saat liburan ke Jepang, negara yang sering banget terkena gempa itu, pas jalan-jalan ke Universal Studios, sempat terjadi gempa. Dan, saya berada di salah satu bangunanny­a. Yang bikin saya kagum adalah konstruksi bangunan yang kukuh dan kuat.

Apa cara yang paling efektif untuk meningkatk­an kesadaran masyarakat mengenai penguranga­n risiko bencana dan penanganan pascabenca­na?

Media audio-visual berupa video dan infografis bisa jadi media yang menarik dan efektif. Di zaman digital seperti ini, akan sangat baik jika media audio-visual itu disiarkan lewat internet dan medsos.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia