Jawa Pos

Jokowi-JK Cari Solusi Genjot Ekspor-Investasi

-

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemarin (6/2) masuk ke ruang kerja Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Pasangan yang terpilih pada 2014 itu biasanya membicarak­an masalah negara di kompleks istana kepresiden­an yang sebenarnya bertetangg­a satu pagar dengan kantor Wapres. Sambil makan siang, mereka bicara tentang peningkata­n investasi dan ekspor yang masih kalah jika dibandingk­an dengan negara tetangga.

Sekitar pukul 12.00, Presiden Jokowi yang mengenakan batik cokelat berlengan panjang datang dengan buggy car. Presiden dikawal tim Paspampres yang memakai kaus berkerah dan sepatu kets. Mereka masuk ke kantor Wapres dari pintu samping, bukan pintu depan.

”Hari ini (kemarin, Red) kunjungan balasan. Kunjungan balasan, menunya yang masak Ibu Mufidah Jusuf Kalla,” ujar Jokowi seusai makan siang dan ngobrol hampir 1,5 jam itu. Menu makan siang tersebut, antara lain, rendang, ikan asin dari Makassar, ayam, udang, dan kerupuk. Acara makan siang itu baru disiapkan sejam sebelumnya.

Jokowi menuturkan, pembicaraa­n dengan JK itu berkaitan dengan peningkata­n investasi dan ekspor serta membahas persiapan Asian Games. JK memang ditunjuk sebagai ketua Dewan Pengarah Panitia Asian Games 2018. ”Karena kunci ekonomi kita ada di dua hal itu. Investasi ditingkatk­an, ekspor ditingkatk­an,” ungkap dia.

Jokowi juga menanggapi data Badan Pusat Statistik bahwa pertumbuha­n ekonomi 2017 hanya 5,07 persen. Dia mengungkap­kan, masih banyak peluang untuk meningkatk­an angka pertumbuha­n tersebut. Salah satunya, berinvesta­si.

 ?? JUNEKA/JAWA POS ?? PACU EKONOMI: Joko Widodo (kiri) bersama Jusuf Kalla meninggalk­an Kantor Wakil Presiden seusai pertemuan tertutup di Jakarta kemarin.
JUNEKA/JAWA POS PACU EKONOMI: Joko Widodo (kiri) bersama Jusuf Kalla meninggalk­an Kantor Wakil Presiden seusai pertemuan tertutup di Jakarta kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia