Jawa Pos

Kuncinya Unggul pada First Leg

-

TIGA pertanding­an dalam empat hari. Itulah yang dialami Bali United mulai akhir pekan ini. Sebab, mereka harus memainkan dua pertanding­an di Piala Presiden 2018 melawan Sriwijaya FC pada 11 dan 14 Februari serta melawan Yangon United pada 13 Februari di AFC Cup 2018.

Masalahnya, Bali United menegaskan tidak akan melepas satu di antara dua ajang yang sedang dijalani. Mereka berambisi berprestas­i di Piala Presiden 2018 dan tidak ingin malu di AFC Cup 2018. ”Yang terpenting enjoy dan memenangka­n setiap laga yang ada,” kata pelatih Bali United Widodo Cahyono Putro.

Widodo enggan terlalu memikirkan mepetnya jadwal. Dia lebih terfokus pada laga pertama kala melawat ke Palembang menantang Sriwijaya akhir pekan ini (11/2). Mencuri keunggulan di kandang lawan akan memudahkan tugas mereka pada second leg di kandang (14/2).

Soal komposisi pemain yang dimainkan dalam tiga pertanding­an ke depan, Widodo enggan berandai-andai. Namun, tugasnya memang lebih mudah ketimbang pelatih Persija Jakarta Stefano Cugurra. Sebab, skuad Bali United cukup besar dengan kekuatan yang merata. Mereka memiliki 36 pemain.

Karena itu, ada kemungkina­n mereka membagi tim menjadi dua seperti pada fase grup Piala Presiden 2018. Ketika itu, mereka juga bermain di Liga Champions Asia 2018. Karena gengsi di level Asia lebih tinggi, Serdadu Tridatu –julukan Bali United– memainkan pasukan lapis kedua di Piala Presiden 2018.

Solusi yang sama sulit diterapkan Persija dengan hanya dihuni 29 pemain. Apalagi, salah seorang striker asingnya, Ivan Carlos, mengalami cedera parah ketika bertanding dalam babak 8 besar Piala Presiden 2018 melawan Mitra Kukar pada 4 Februari lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia