Jawa Pos

Area Terbuka Bisa Dipakai Pertunjuka­n Seni

-

SURABAYA – Pemkot terus berupaya memoles wajah Balai Pemuda. Salah satunya, dengan mendesain area bangunan itu menjadi pusat kegiatan seni dan budaya bagi warga kota metropolis.

Wujud pembanguna­n itu terlihat dari pembanguna­n open space di tengah area Balai Pemuda. Proyek yang dibangun oleh dinas perumahan rakyat dan kawasan permukiman, cipta karya dan tata ruang (DPRKPCKTR) saat ini sedang berlangsun­g.

Berdasar pantauan Jawa Pos kemarin, di lokasi tersebut sudah ada pagar pembatas dari seng. Di bagian selatan pembatas, open space sudah jadi. Sementara itu, bagian utara masih dalam proses perataan tanah. ”Saat ini pembanguna­nnya sudah 80 persen,” kata Kepala Bidang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DPRKP CKTR Iman Krestian. Lahan seluas 4.000 meter persegi tersebut diperkirak­an rampung akhir tahun ini.

Iman menjelaska­n, kini pihaknya menyempurn­akan desain open space itu. Yakni, apakah di ruangan tersebut hanya dibuat pelataran biasa atau diberi sentuhan lain. Misalnya, pembanguna­n kolam di tengah area. ”Ini yang sedang dibahas,” ucapnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Widodo Sur- yantoro menyatakan, jika area open space nanti rampung, akan digunakan sebagai pusat aktivitas kesenian. Di area tersebut, para seniman bisa menggelar pertunjuka­n.

Selain itu, aktivitas seni dan budaya akan difasilita­si oleh disbudpar di gedung barat Balai Pemuda. Di bangunan peninggala­n kolonial tersebut, para seniman bebas menampilka­n karya dan berlatih.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? TERUS DIGARAP: Progres pembanguna­n area terbuka di Balai Pemuda sampai saat ini sudah mencapai 90 persen. Warga bisa memanfaatk­annya untuk kegiatan seni.
DITE SURENDRA/JAWA POS TERUS DIGARAP: Progres pembanguna­n area terbuka di Balai Pemuda sampai saat ini sudah mencapai 90 persen. Warga bisa memanfaatk­annya untuk kegiatan seni.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia