Jawa Pos

Berikan Apresiasi Khusus

Puji Kegigihan Cak Ji Bangun Kerja Sama Surabaya-Kroasia

-

KONSISTENS­I DPRD Kota Surabaya dalam mewujudkan kesejahter­aan warganya berbuah positif. Apresiasi tersebut datang dari Pemerintah Kroasia yang memuji inovasi serta terobosan para anggota dewan dalam membangun Kota Pahlawan. Bentuk penghormat­an itu pun diwujudkan dengan kunjungan silaturahm­i Duta Besar Kroasia untuk Indonesia, Drazen Margeta, ke kantor DPRD Kota Surabaya kemarin (6/2).

Momen tersebut juga menjadi kesempatan menjalin hubungan bilateral antar kedua negara menjadi lebih dekat. Sebenarnya, apa yang dicapai saat ini merupakan hasil dari usaha Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji beserta jajarannya. Sejak 2017, mereka telah berinisiat­if menjadi penghubung antara Surabaya dengan Kroasia agar lebih erat bekerja sama.

”Ini merupakan salah satu bentuk apresiasi kami Pemerintah Negara Kroasia terhadap Armuji atas usaha kerasnya sepanjang tahun lalu yang intens membangun hubungan baik ini. Selamat! Ini adalah permulaan. Kami harap ke depan, hubungan baik antara Surabaya dan Kroasia bisa semakin dekat,” ujar Margeta.

Armuji pun mengucapka­n terima kasih atas apresiasi dari Pemerintah Kroasia. Ia menambahka­n bahwa apresiasi ini merupakan awal dari bentuk kerja sama yang baik dari kedua belah pihak. ”Ini suatu kebanggaan bagi Surabaya. Kami harapkan melalui hubungan sister city ini, Surabaya bisa mendapatka­n banyak ilmu dari Kroasia. Khususnya di bidang IT,” ujar Cak Ji, sapaan Armuji.

Cak Ji juga optimistis bahwa banyak hal positif dari Kroasia yang bisa diadaptasi­kan ke Surabaya. Menurutnya, Kroasia merupakan salah satu negara maju di Benua Eropa baik secara peradaban maupun teknologi. Ketertiban dan kesadaran masyarakat­nya juga patut menjadi inspirasi warga Surabaya.

Lebih lanjut politisi PDI-P itu menceritak­an pengalaman­nya ketika berkunjung ke Kroasia. Ia menilai, bahwa penataan kota di Kroasia cukup baik. Bahkan pasar tradisiona­l pun ditata sedemikian rupa dengan tenda-tenda yang layak.

”Yang saya heran, sayurannya itu lebih

fresh daripada yang ada di Indonesia. Kenapa ini, padahal Indonesia merupakan negara yang punya tanah subur, tapi kenapa kualitasny­a berbeda. Nah, mungkin kerja sama seperti ini juga perlu kita tingkatkan, agar kualitas produk Indonesia bisa sesuai standar sehingga mampu bersaing di kancah internasio­nal,” papar Cak Ji.

Kerja sama berupa sister city tersebut sebenarnya juga menjadi agenda Pemerintah Kroasia. Beberapa sektor yang telah dikaji untuk kolaborasi adalah pendidikan, budaya, dan bisnis. Bahkan, pemerintah Kroasia siap mengakomod­asi dan menjadi jembatan bagi Indonesia mengekspor ke wilayah Eropa.

Margeta pun optimistis bahwa banyak sekali hasil positif dari sinergi kedua negara. ”Dari lubuk hati terdalam, saya akan berusaha mewujudkan cita-cita itu,” tegasnya.

Sejatinya, hubungan baik antara Kroasia dengan Indonesia sudah terjalin sejak zaman presiden Soekarno. Jauh sebelum terjalinny­a sister city. Bahkan, saking kenalnya dengan Indonesia, Margeta berani menyebut bahwa Indonesia merupakan negara senyum. Julukan tersebut berasal dari keramahan dan bersahabat­nya masyarakat Indonesia.

”Oleh karena itu, ketika Armuji bersama rombongan mengunjung­i Kroasia, kami merasakan aura persahabat­an yang baik. Untuk itu, kami ingin membangun hubungan baik dengan Indonesia. Kami harap sinergi ini bisa lebih baik dan lebih efektif lagi,” papar Margeta yang telah empat tahun tinggal di Indonesia itu.

Ini adalah permulaan. Kami harap ke depan, hubungan baik antara Surabaya dan Kroasia bisa semakin dekat.” DRAZEN MARGETA Duta Besar Kroasia untuk Indonesia

Ini suatu kebanggaan bagi Surabaya. Kami harapkan melalui hubungan sister city ini, Surabaya bisa mendapatka­n banyak ilmu dari Kroasia. Khususnya di bidang IT.” ARMUJI Ketua DPRD Kota Surabaya

 ?? ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS ?? SINERGI POSITIF: Duta Besar Kroasia untuk Indonesia Drazen Margeta (kiri) memberikan sertifikat penghargaa­n kepada Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji disaksikan Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Darmawan (tengah) dan Ketua Komite Bilateral Kroasia Kadin...
ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS SINERGI POSITIF: Duta Besar Kroasia untuk Indonesia Drazen Margeta (kiri) memberikan sertifikat penghargaa­n kepada Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji disaksikan Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Darmawan (tengah) dan Ketua Komite Bilateral Kroasia Kadin...
 ??  ??
 ?? ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS ??
ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia