Jawa Pos

Pengisian PDSS Tinggal Tiga Hari

-

GRESIK – Pengisian pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) menjadi tahap awal siswa untuk mengikuti seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) 2018. Pengisian dan verifikasi dibuka sejak 13 Januari dan berakhir Sabtu (10/2). Tinggal tiga hari.

Sampai kemarin (6/2), sejumlah sekolah sudah tuntas mengisi PDSS. SMAN 1 Gresik misalnya. Dari 349 siswa kelas XII, semua data sudah terisi. Terdiri atas 256 jurusan IPA dan 93 jurusan IPS.

Tinggal diverifika­si masing-masing siswa. Para siswa harus mengecek ulang data yang di-input operator PDSS untuk dicocokkan dengan datanya. ’’Verifikasi masih harus dilakukan sebelum data di-upload ke pusat,’’ kata operator PDSS SMAN 1 Gresik Nur Cholilah kemarin.

Kemarin sejumlah siswa juga mulai melakukan verifikasi nilai. Bertempat di ruang multimedia, para siswa antusias melihat satu per satu data yang di-input operator. ’’Rencana ikut SNM PTN jurusan kedokteran di Unair,’’ ujar Tasya Endah Milinea, seorang siswi.

SMAN 1 Manyar juga demikian. Humas SMAN 1 Manyar Kustiya menyatakan sudah tuntas mengisi kolom PDSS. Jumlahnya 399 siswa. Terdiri atas 301 jurusan IPA, 95 IPS, dan 31 bahasa.

Namun, para siswa masih harus melakukan verifikasi. Mulai mengecek nama, nomor induk siswa nasional (NISN), mata pelajaran, hingga nilai rapor semester I–V. ’’Harus dicek dengan teliti oleh siswa. Jangan sampai keliru dan merugikan anak,’’ katanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia