Jawa Pos

Medokan Ayu Terbanyak Penerima BPNT

-

SURABAYA – Sebanyak 1.556 keluarga kurang mampu di Kecamatan Rungkut menerima bantuan pangan nontunai (BPNT) tahun ini. Bantuan pemerintah berupa sembako tersebut diberikan secara bertahap. Kemarin (6/2) giliran Kelurahan Medokan Ayu dan Penjaringa­n Sari yang menerima BPNT.

Pemberian BPNT tahap pertama di dua kelurahan tersebut ditujukan kepada 515 KK. Baik penerima program keluarga harapan (PKH) maupun non-PKH. Setiap warga menerima 7,5 kilogram beras dan telur.

Tenaga Kesejahter­aan Sosial Kecamatan (TKSK) Rungkut Hasyim Santoso menyatakan, BPNT tahap pertama disalurkan minggu ini secara bergilir. Untuk Kelurahan Medokan Ayu, ada 342 KK dan 289 KK di Penjaringa­n Sari. Medokan Ayu merupakan kawasan terbanyak penerima BPNT. Selanjutny­a Kali Rungkut.

Hasyim menuturkan, keluarga penerima manfaat (KPM) BPNT telah diseleksi. Total bantuan yang diberikan Rp 110 ribu dalam bentuk barang atau sembako. ’’KPM tinggal datang dengan membawa kartu keluarga sejahtera (KKS). Kemudian, kami verifikasi dan bantuan bisa disalurkan,’’ katanya.

Bantuan sembako berupa beras, lanjut dia, diambil dari Bulog melalui Rumah Pangan Kita. KPM akan mendapatka­n BPNT setiap bulan dengan nilai yang sudah ditentukan. ’’Jadi, setahun mereka (KPM) bisa menerima 12 kali,’’ jelasnya.

Penyaluran di kawasan itu dilangsung­kan hingga Kamis (8/2). Warga yang memegang KKS bisa datang ke kantor kelurahan untuk menerima bantuan. ’’Sebenarnya, BPNT bukan program baru. Tetapi, hari ini (kemarin, Red) adalah penyaluran pertama pada 2018,’’ paparnya.

Kasi Perekonomi­an Kecamatan Rungkut Purwaning mengatakan, tim TKSK bertugas secara teknis untuk penyaluran. Mereka memverifik­asi warga yang layak menerima bantuan. ’’Kalau kami dari kecamatan hanya monitoring,’’ paparnya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia