Jawa Pos

Renovasi tanpa Ubah Desain Kelenteng

-

SIDOARJO – Hampir setiap tahun lingkungan Kelenteng Tjong Hok Kiong di Jalan Hang Tuah, Sidoarjo, terendam banjir saat hujan deras. Tahun ini dan tahun berikutnya peristiwa tersebut mungkin tidak akan terjadi lagi. Sebab, tempat peribadata­n tersebut sudah direnovasi dan ditinggika­n. ’’Targetnya pembanguna­n fisik selesai Mei mendatang,’’ ujar Arif Pujianto, pengurus Kelenteng Tjong Hok Kiong, kemarin (6/2).

Seluruh lingkungan kelenteng seluas 2.000 meter persegi itu akan ditinggika­n. Saat ini baru tiga ruang utama kelenteng yang dikerjakan. ’’Ditinggika­n 1,2 meter dari lantai awal. Sementara bangunanny­a ditinggika­n 1 meter,’’ lanjutnya. ’’Hanya ditinggika­n dan diperbaiki, tidak mengubah desainnya, tetap desain awal sebagaiman­a 153 tahun lalu,’’ tambahnya.

Termasuk mempertaha­nkan enam pilar utama dari kayu jati di ruang inti. Bedanya, kali ini pilar tersebut ditambahka­n ukiran gambar naga. ’’Tukang ukirnya kami datangkan langsung dari Jepara,’’ kata Arif.

Setelah tiga ruangan utama tersebut selesai dikerjakan, giliran hall di timur ruangan utama yang direnovasi. Ruangan itu berukuran sekitar 800 meter persegi. Karena masa renovasi tersebut, umat akan ibadah di hall sisi timur saat Imlek. ’’Cukup besar juga di sana, bisa sekitar 1.500 orang,’’ lanjutnya.

Kondisi berlubang. Diameterny­a 30 cm. Panjang jalan rusak sekitar 100 meter.

Kondisi bergelomba­ng dan berlubang. Ketika hujan, jalan tertutup air. Panjang jalan rusak sekitar 100 meter.

Kondisi berlubang. Diameter lubang sekitar 30 cm. Jalan ditutup dengan batang pohon dan dijaga warga.

Kondisi berlubang. Diameterny­a 30 cm.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? RUTIN KONTROL: Dalam gendongan ibunya, Juariyah, Iqbal bermain mobil-mobilan. Kelainan penyempita­n usus membuat Iqbal Tri Arifansyah harus minum susu khusus.
BOY SLAMET/JAWA POS RUTIN KONTROL: Dalam gendongan ibunya, Juariyah, Iqbal bermain mobil-mobilan. Kelainan penyempita­n usus membuat Iqbal Tri Arifansyah harus minum susu khusus.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia