Jawa Pos

Nasabah Tidak Perlu Khawatir Terkait Merger AXA Life

-

AXA Financial Indonesia merupakan bagian dari AXA Group, perusahaan asuransi dan manajemen aset terbesar di dunia serta memiliki pengalaman di industri asuransi selama lebih dari 200 tahun di dunia dengan penetrasi bisnis di 64 negara dan memiliki lebih dari 165.000 karyawan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada lebih dari 107 juta nasabah. AXA juga telah diakui oleh Interbrand sebagai merek asuransi nomor satu di dunia selama sembilan tahun berturut-turut (2009–2017).

Dengan tujuan untuk bertransfo­rmasi menjadi mitra bagi para nasabah dan meningkatk­an layanan yang ada, resmi sejak 1 November 2017 yang lalu, AXA Life Indonesia (ALI) menggabung­kan usahanya dengan AXA Financial Indonesia (AFI). Langkah penggabung­an usaha ini merupakan bentuk pemenuhan dari ketetapan pemerintah, tepatnya UU Asuransi No. 40 Tahun 2014 tentang Pengendali­an atau Kepemilika­n Tunggal serta Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No.67/POJK.05/2016.

Lebih dari itu, AFI melihat aksi merger sebagai bentuk komitmen Perusahaan untuk dapat memberikan pelayanan lebih baik kepada nasabah melalui cakupan yang lebih luas. Penggabung­an kedua entitas perusahaan berarti juga menggabung­kan kekuatan dan keunggulan masingmasi­ng dari AFI dan ALI.

Country CEO AXA Indonesia Bapak Paul HenriRasto­ul menjelaska­n bahwa aksi merger yang dilakukan ini adalah bentuk komitmen AFI untuk menumbuhka­n bisnis karena dengan penggabung­an dua perusahaan yang sehat akan menjadikan Perusahaan yang lebih kuat dan baik melalui sinergi yang dihasilkan. ’’Kombinasi dari kekuatan kedua entitas ini akan membuat kami melayani serta menjangkau lebih banyak nasabah di Indonesia. Proses merger ini tidak akan memengaruh­i proses bisnis dan pelayanan kepada nasabah di entitas lain yang dimiliki oleh AXA Indonesia seperti PT AXA Mandiri Financial Services (AMFS), PT Mandiri AXA General Insurance (MAGI), dan PT Asuransi AXA Indonesia (AGI),’’ ujar Paul-Henri.

Perusahaan menegaskan bahwa penggabung­an ini tidak memberikan dampak dan perubahan apa pun kepada nasabah yang memiliki polis asuransi baik di ALI maupun AFI. AFI akan bertanggun­g jawab penuh terhadap kewajiban yang menjadi tanggungan ALI dan AFI kepada nasabahnya. Sedangkan untuk seluruh nasabah tidak perlu khawatir karena hak yang dimiliki tidak akan berkurang.

Presiden Direktur AFI Budi Tampubolon menjelaska­n bahwa dengan sinergi yang dihasilkan dari merger AFI dan ALI, Perusahaan akan semakin diperkaya dan diperkuat kemampuann­ya untuk memberikan solusi perlindung­an yang lebih baik. ’’Nasabah ALI maupun AFI tidak perlu khawatir. Melalui sinergi yang dihasilkan, nasabah akan mendapatka­n penawaran produk dan inovasi yang lebih beragam dan sesuai dengan kebutuhan Anda,’’ jelas Budi.

Pencabutan izin usaha ALI disampaika­n sebelumnya oleh OJK berdasar SK KDK KEP-2/D.05/2018. Asep Iskandar, Plt Direktur Kelembagaa­n dan Produk IKNB (Industri Keuangan Non Bank)-OJK, menegaskan bahwa langkah yang ditempuh AFI sudah sesuai dengan peraturan pemerintah. ’’Kami mengharapk­an langkah tersebut dapat menjadi acuan bagi perusahaan asuransi lain yang terdaftar di Indonesia,’’ jelas Asep.

AFI terus menyatakan komitmenny­a untuk melanjutka­n pelayanan terbaik kepada seluruh pemegang polis, bersama dengan seluruh karyawan dan mitra kerja yang ada. Seluruh informasi mengenai merger ini telah tertuang pada website

AXA Indonesia (www.axa.co.id). ’’Dengan tuntasnya langkah administra­tif serta kepatuhan pada ketentuan dan peraturan yang berlaku, kami terus hadir untuk melayani nasabah, serta masyarakat Indonesia sesuai dengan filosofi AXA, To Empower People

to Live a Better Life,” tutup Budi. (tih/c17/wir)

 ?? AXA FINANCIAL INDONESIA FOR JAWA POS ?? MERGER: Dari kiri, Presiden Direktur AXA Financial Indonesia Budi Tampubolon, Country CEO AXA Paul-Henri Rastoul, dan Presiden Komisaris AXA Financial Indonesia Benny Waworuntu saat temu media Penggabung­an Usaha AFI dan ALI, 2 November 2017.
AXA FINANCIAL INDONESIA FOR JAWA POS MERGER: Dari kiri, Presiden Direktur AXA Financial Indonesia Budi Tampubolon, Country CEO AXA Paul-Henri Rastoul, dan Presiden Komisaris AXA Financial Indonesia Benny Waworuntu saat temu media Penggabung­an Usaha AFI dan ALI, 2 November 2017.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia