Jawa Pos

Ibu Percil Sakit, Istri Yudho Tunggu Kabar

-

RIBUAN kilometer dari Hongkong, kabar penahanan Cak Percil memukul sang ibu, Puji Astuti

Perempuan 49 tahun itu bahkan sempat dilarikan ke klinik di sebuah desa di Banyuwangi, Jawa Timur.

”Saya pusing. Semoga masalah ini segera selesai,” katanya kepada Jawa Pos Radar Banyuwangi yang menemui di kediamanny­a di Dusun Simbar, Desa Tampo, Kecamatan Cluring, kemarin (7/2).

Puji yang seorang sinden sekaligus guru TK tersebut meminta pihak yang mengundang Percil dan partner manggungny­a, Cak Yudho, bertanggun­g jawab. ”Percil ke Hongkong itu atas undangan, bukan kemauan sendiri,” ujarnya.

Menurut Puji, Deni Afriandi alias Percil adalah anak pertama di antara tiga bersaudara. Sejak kecil dia sering menampilka­n kesenian di Banyuwangi. Baru pada 2008 pindah ke Blitar untuk ikut istri. ”Sebelumnya sempat pindah ke Madiun diajak (pelawak) Kirun,” ungkapnya.

Karena itu, lanjut Puji, dalam setiap pentas, Percil sering membawakan lagu Banyuwangi­an. Salah satu lagu yang selalu dia bawakan adalah Umbul-Umbul Blambangan.

Karir Percil, tutur sang ibu, mulai melejit setelah bergabung dengan Kirun sekitar 2008. Setelah sukses, Percil juga membuka kelompok sendiri.

Percil juga dikenal sebagai sosok dermawan. Sriwati, 49, salah seorang tetangga sang ibu di Banyuwangi, mengungkap­kan bahwa keluargany­a sempat mengundang Percil saat ada khitanan.

”Dia tidak eman kepada teman,” katanya. Saat itu dia mengetahui Percil membagikan uang kepada teman-temannya. Selain itu, tiap kali mudik ke Banyuwangi, Percil selalu menyempatk­an waktu untuk teman-temannya yang bermaksud belajar melawak.

Sementara itu, di Ngawi, Jawa Timur, Wariani, istri Yudo Prasetyo alias Cak Yudho, tak kalah cemas. Apalagi, dia mengaku belum sepenuhnya mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada sang suami.

”Informasin­ya masih belum jelas. Jadi, saya tidak berani komentar dulu,” ujar Winarni kepada Jawa Pos Radar Ngawi ketika ditemui di rumahnya Dusun Jurug, Desa Dumpelngan, Ngawi, kemarin.

Winarni hanya menyebut Yudho berangkat ke Hongkong bersama Percil pada Kamis (1/2). Sejak itu dia belum sempat berkomunik­asi dengan sang suami. Kabar penahanan Yudho, kata dia, diperoleh melalui media sosial Minggu (4/2).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia