Jawa Pos

Made on Earth by Human

ELON MUSK KIRIM TESLA JALAN-JALAN KE LUAR ANGKASA

-

FLORIDA – Pendiri sekaligus bos SpaceX, Elon Musk, tersenyum puas. Jerih payahnya tidak sia-sia. Selasa sore waktu Amerika Serikat (6/2), Falcon Heavy, roket luar angkasa dengan daya angkut terbesar, mulus melesat ke udara.

’’Bayangan saya, akan ada ledakan besar di landasan. Roda-roda roket akan beterbanga­n ke segala arah dan logo roket mendarat entah di mana. Tapi, untungnya, semua itu tidak terjadi. Hal-hal gila menjadi nyata,’’ kata Musk di Kennedy Space Center, Cape Canaveral, Florida, sebagaiman­a dilansir Associated Press kemarin (7/2)

Dia senang karena Tesla Roadster, mobil sport bertenaga listrik buatan perusahaan­nya yang lain, Tesla Inc, berhasil dikirim ke luar angkasa. Musk menjadikan mobil berwarna cherry red itu sebagai ”penumpang” Falcon Heavy.

Untuk ”mengemudik­an” mobil keren tersebut ke angkasa, di kabin dipasang manekin astronot. ”Manekin itu mungkin akan ditemukan alien. Baju astronot yang dipakaikan pada manekin itu asli,” jelas konglomera­t kelahiran Afrika Selatan tersebut sebagaiman­a dikutip Reuters.

”Badan roket berhasil mencapai orbit Planet Mars dan bahkan melampauin­ya. Roket itu terus melaju menuju Sabuk Asteroid,” ungkap Musk dalam jumpa pers seusai peluncuran Falcon Heavy.

Selain manekin berbaju astronot, di dalam mobil listrik itu ada plakat bertulisan nama-nama karyawan SpaceX. Perusahaan transporta­si luar angkasa tersebut memiliki lebih dari 6.000 karyawan. Pada salah satu sirkuit di mobil itu juga dipahat tulisan *Made on Earth by Humans*.

SpaceX adalah perusahaan yang memelopori roket luar angkasa pakai ulang. Roket Falcon Heavy pun kembali lagi ke bumi. Kelak, perjalanan ke luar angkasa lebih mudah dan nyaman dengan model yang dikembangk­an SpaceX itu.

Di Cape Canaveral, begitu roket buatan SpaceX itu meninggalk­an landasan dengan mulus, semua orang yang menyaksika­n langsung peristiwa bersejarah tersebut memberikan ucapan selamat kepada Musk. Kegembiraa­n juga pecah di markas utama SpaceX di Kota Hawthorne, California.

Falcon Heavy membuat sekitar 2.000 orang yang menyaksika­n tayangan live peluncuran roket tersebut bangga. Sebagian besar di antara mereka adalah karyawan SpaceX.

 ?? SPACEX VIA AP ?? MIMPI JADI KENYATAAN: Manekin astronot ”mengendara­i” Tesla Roadster di orbit bumi kemarin WIB. Mobil sport itu diangkut Falcon Heavy yang dikembangk­an SpaceX.
SPACEX VIA AP MIMPI JADI KENYATAAN: Manekin astronot ”mengendara­i” Tesla Roadster di orbit bumi kemarin WIB. Mobil sport itu diangkut Falcon Heavy yang dikembangk­an SpaceX.
 ?? SPACEX/HANDOUT VIA REUTERS ?? DAYA ANGKUT TERBESAR: Falcon Heavy meluncur menuju luar angkasa di Kennedy Space Center, Cape Canaveral, Florida, kemarin WIB. Roket itu bisa mengangkut 63.800 kg.
SPACEX/HANDOUT VIA REUTERS DAYA ANGKUT TERBESAR: Falcon Heavy meluncur menuju luar angkasa di Kennedy Space Center, Cape Canaveral, Florida, kemarin WIB. Roket itu bisa mengangkut 63.800 kg.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia