Jawa Pos

Ayah Alum Dideportas­i, Tak Boleh ke Indonesia Lagi

Elizabeth Janji Kunjungi Toraja

-

MAKASSAR – Setelah delapan bulan berpisah, Alum Langone Avalos, 7, akhirnya bisa berjumpa sang bunda Elizabeth Avalos, 27. Alum bertemu dengan ibunya di Bandara Internasio­nal Sultan Hasanuddin, Makassar, kemarin (7/2)

Setelah berjumpa, mereka langsung kembali ke Jakarta. Sedangkan ayah Alum, Jorge Gabriel Langone, dan pasanganny­a, Candela Soledad Gutierrez, akan dideportas­i. Keduanya tak memiliki visa untuk masuk ke Indonesia.

Kabidhumas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani menjelaska­n, Jorge dan Candela sebenarnya memiliki paspor, tetapi tidak punya visa. ”Mereka akan dideportas­i,” katanya.

Kasus yang menimpa Jorge dan Candela itu mengharusk­an keduanya menjalani proses hukum terlebih dulu. ”Kami menemukan adanya pelanggara­n keimigrasi­an,” imbuh Sekretaris NCB Interpol Indonesia Brigjen Napoleon Bonaparte.

Menurut Napoleon, nanti Polda Sulsel bekerja sama dengan imigrasi Makassar. Dijelaskan, red notice yang dikeluarka­n Interpol menetapkan Jorge dan Candela sebagai tersangka pidana. ”Kami tidak melakukan penangkapa­n terhadap anaknya, tapi kami amankan dan selamatkan. Itu berdasar yellow notice,” tambahnya.

Wakapolda Sulsel Irjen Mas Guntur Laupe menerangka­n, mereka masuk Indonesia secara ilegal. Hanya, hal tersebut tidak menjadi tanggung jawab Polda Sulsel. ”Wewenang sepenuhnya berada di imigrasi,” ujarnya.

Tak hanya dideportas­i, Jorge dan Candela juga tidak boleh kembali ke Indonesia. Kepala Kantor Imigrasi Makassar Andi Pallawaruk­ka menegaskan, Jorge dan Candela masuk Indonesia melalui jalur ilegal. ”Mereka masuk lewat jalur tikus karena paspornya bermasalah,” katanya.

Jorge dan Candela saat ini berada di kantor imigrasi. Selama dua hari mereka akan diperiksa, lalu dideportas­i.

”Termasuk mengurus pencekalan­nya. Mereka tidak bisa lagi ke Indonesia,” imbuhnya.

Sementara itu, sepeningga­l Alum, Aaron Casilas, 3, teman bermainnya di Toraja Utara, merasa kesepian. Empat hari berinterak­si dan bermain membuat Casilas merasa berat ditinggalk­an. Hampir setiap saat Alum dan Casilas bersama-sama di area Sallebayu Restaurant and Bungalow, Toraja Utara. Orang tua Casilas, Bunga Rachel dan Edison Sulo, merupakan pemilik bungalo tempat Alum, Jorge, dan Candela menginap empat hari.

Rachel mengungkap­kan, Elizabeth sempat meneleponn­ya dari Kedubes Argentina di Jakarta. Dengan rasa haru, cerita dia, Elizabeth menyampaik­an permohonan maaf atas masalah yang melanda keluargany­a. Termasuk menyampaik­an rasa terima kasih atas pelayanan dan perhatian yang diberikan kepada Alum. ”Dia berjanji, jika ada waktu, akan datang ke tempat kami,” ucapnya.

Seperti diberitaka­n, Alum adalah anak hasil pernikahan Elizabeth dengan Jorge. Setelah bercerai, hak asuh jatuh ke Elizabeth. Tapi, sejak Juni lalu Jorge membawa kabur Alum bersama Candela. Dari Argentina, mereka tercatat pernah singgah di Bolivia, Brasil, Malaysia, hingga masuk Indonesia melalui Batam.

 ?? POLDA SULSEL FOR FAJAR/JPG ?? LEPAS RINDU: Elizabeth Avalos (kiri) bersama Alum Langone Avalos di Bandara Internasio­nal Sultan Hasanuddin, Makassar, kemarin.
POLDA SULSEL FOR FAJAR/JPG LEPAS RINDU: Elizabeth Avalos (kiri) bersama Alum Langone Avalos di Bandara Internasio­nal Sultan Hasanuddin, Makassar, kemarin.
 ?? RAKA DENNY/JAWA POS ?? JUSUF KALLA Wakil Presiden
RAKA DENNY/JAWA POS JUSUF KALLA Wakil Presiden

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia