Jawa Pos

Bidik 50 Persen Pasar Matik Premium

-

JAKARTA – PT Astra Honda Motor (AHM) resmi memasarkan All New Honda PCX produksi Indonesia kemarin (7/2). Pabrikan membidik pangsa pasar hingga 50 persen atau 150 ribu unit per tahun untuk pasar matik premium di Indonesia.

Executive Vice President Director AHM Johannes Loman menyatakan, sejak diperkenal­kan pada Desember tahun lalu, All New Honda PCX buatan Indonesia mendapat sambutan bagus dari masyarakat. ’’Itu tercatat dari 12 ribu pemesanan inden,’’ ujarnya saat peluncuran All New Honda PCX produksi Indonesia.

Saat ini AHM memiliki kapasitas produksi terpasang untuk kendaraan yang mengusung mesin 150 cc eSP tersebut hingga 150 ribu unit per tahun di pabrik Sun- ter. Angka itu meningkat lebih dari 10 kali jika dibandingk­an dengan penjualan PCX Honda selama 2017 sebanyak 4.900 unit.

Jumlah itu juga melampaui penjualan PCX selama tujuh tahun yang hanya 28.500 unit. Nah, makin banyaknya peminat motor skutik premium memang menginspir­asi Honda untuk memproduks­i sendiri produk tersebut di Indonesia.

Menurut Marketing Direktur AHM Thomas Wijaya, saat ini total pasar segmen matik premium di Indonesia mencapai 200 ribu hingga 300 ribu unit per tahun. Angka tersebut memang hanya berkontrib­usi sekitar 5 persen terhadap total segmen skutik di tanah air. ’’Kondisi pasar dari 2010 sampai 2017 terus berkembang. Matik praktis untuk sehari-hari dan partner gaya hidup,’’ ulasnya.

Adapun untuk pemesanan inden, lanjut dia, seluruh unit akan terkirim pada Maret 2018. Pengiriman perdana dilakukan bulan ini secara bertahap seiring mulai diproduksi­nya All New Honda PCX pada Februari 2018.

AHM menghadirk­an empat pilihan warna. Yakni, glamour gold, brilliant black, wonderful white,

dan majestic matte red. Matte red

merupakan satu-satunya warna yang hanya ada untuk pasar Indonesia. Saat ini warna favorit yang dipesan konsumen adalah white, yakni 40–50 persen. Lalu, black (30 persen) dan disusul matte red dan gold. Pasar skutik premium Honda paling besar berada di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Bali.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia