Jawa Pos

Salju Tebal Lumpuhkan Paris

-

PARIS – Ibu kota Prancis, Paris, lumpuh sementara gara-gara salju lebat yang turun sejak Selasa (6/2). Berbagai alat transporta­si tak bisa beroperasi karena tumpukan salju yang mencapai 15 sentimeter. Ratusan pengendara mobil terjebak dan harus tidur di dalam mobil semalaman. Bus dan kereta api tak beroperasi serta beberapa penerbanga­n di Bandara Orly, Paris, dibatalkan.

”Kami menghadapi situasi yang tidak biasa,” ujar Juru Bicara Pemerintah Prancis Benjamin Griveaux seperti dilansir Reuters.

Otoritas setempat berusaha menghindar­i kekacauan dengan membersihk­an jalanan secepatnya. Tapi, salju yang turun begitu lebat membuat upaya tersebut sia-sia. Salju yang turun kali ini merupakan yang terlebat sejak 2013. Gara-gara cuaca buruk tersebut, Menara Eiffel ditutup sejak Selasa siang. Para turis mengabadik­an menara yang tertutup salju itu dari kejauhan.

Pemerintah Prancis akhirnya membuat selter di berbagai titik untuk menampung pengendara dan orang-orang yang tidak bisa pulang karena terjebak salju. Ratusan penumpang kereta di Stasiun Austerlitz dan Montparnas­se akhirnya berlindung tempat penampunga­n sementara itu. Sejak Selasa malam hingga kemarin pagi (7/2), setidaknya ada 1.500 orang yang memenuhi selter-selter tersebut.

Hingga kemarin pagi, petugas di lapangan masih sibuk mengatur lalu lintas agar jalan-jalan kembali bisa dilalui. Setidaknya ada 1.500–2.000 pengendara yang terjebak di jalan tol semalaman. Pemerintah Prancis meminta agar penduduk tak keluar dengan membawa kendaraan- nya. Badan Prakiraan Cuaca Prancis, Meteo France, memperkira­kan bahwa kemarin malam hingga hari ini salju tetap lebat dan suhu mencapai minus 7–10 derajat Celsius.

 ?? GONZALO FUENTES/REUTERS ?? BUKAN RESOR SKI: Warga Paris menggunaka­n peranti ski saat berjalan di kawasan sekitar Menara Eiffel.
GONZALO FUENTES/REUTERS BUKAN RESOR SKI: Warga Paris menggunaka­n peranti ski saat berjalan di kawasan sekitar Menara Eiffel.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia