Jawa Pos

MENANTI SIHIR MUSUH BESAR

-

VALENCIA – Valencia adalah salah satu klub yang punya relasi transfer bagus dengan Barcelona. Sejak era milenial, setidaknya ada lima pemain Los Che yang digaet Barca. Dari David Villa, Jordi Alba, Jeremy Mathieu, Andre Gomes, hingga Paco Alcacer. Konsekuens­inya, mereka dicap sebagai musuh besar fans Valencia.

Di antara lima pemain tersebut, Villa dan Mathieu lepas dari cap itu setelah tidak lagi membela Barca. Seiring Gomes dan Alcacer bukan pemain pilihan reguler, Alba-lah yang menjadi target utama fans Valencia dalam

leg kedua semifinal Copa del Rey di Mestalla dini hari nanti WIB (9/2).

Dalam lawatan terakhir ke Mestalla pada jornada ke13 La Liga (27/11), Alba juga menjadi sasaran lemparan fans tuan rumah. Tapi, pemain yang menyeberan­g ke Camp Nou enam tahun silam tersebut mampu menyihir fans tuan rumah lewat golnya pada menit ke82. Gol yang memaksa Valencia harus puas berbagi skor 1-1. Barca yang hanya menang 1-0 dalam pertemuan pertama di Camp Nou (2/2) pun berharap bek kiri 28 tahun itu kembali mengulang sihirnya dini hari nanti.

Bagi Barca musim ini, Alba seperti mengisi ’’hilangnya’’ Neymar sebagai tandem serasi Lionel Messi dan Luis Suarez di sayap kiri. Tak hanya menawarkan kecepatan, pemain berpostur 170 sentimeter tersebut menjadi penyumbang assist terbanyak kedua Barca (sembilan assist).

Hanya kalah dari Messi dengan 14 assist.

Selain kepergian Neymar, diet ketat adalah alasan di balik meningkatn­ya performa Alba musim ini. ’’Saya berhenti mengonsums­i minuman berkarbona­si dan makanan siap saji,’’ ujar Alba sebagaiman­a dilansir

Mundo Deportivo. ’’Saya selalu berlari beberapa kilometer dalam setiap pertanding­an, tetapi saya merasa saat ini sangat bugar,’’ imbuhnya.

Pentingnya peran Alba terlihat dalam laga terakhir Barca. Saat ditahan 1-1 Espanyol di Cornella-El Prat dalam jornada ke-22 La Liga (5/2), entrenador Barca Ernesto Valverde menyimpan pemilik 58 caps tersebut. Hanya Messi dan Ivan Rakitic di antara pemain pilihan starting XI musim ini yang mendapatka­n privilege itu. ’’Saya berharap respek (dari fans Valencia dini hari nanti WIB, Red),’’ ucap Alba.

 ?? MANUEL BRUQUE/EPA-EFE ?? MANTAN LOS CHE: Gaya selebrasi Jordi Alba saat membobol gawang Valencia di Mestalla dalam jornada ke-13 La Liga pada 27 November lalu.
MANUEL BRUQUE/EPA-EFE MANTAN LOS CHE: Gaya selebrasi Jordi Alba saat membobol gawang Valencia di Mestalla dalam jornada ke-13 La Liga pada 27 November lalu.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia