Jawa Pos

Subsidi dan Hak Siar Belum Dibayar

-

TERLEPAS dari problem mundurnya kickoff Liga 1 2018, masih ada pekerjaan rumah PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang belum beres musim lalu. Pembayaran subsidi dan hak siar kepada 18 kontestan musim lalu belum dituntaska­n sepenuhnya.

Manajer Bhayangkar­a FC AKBP Sumardji menegaskan sampai kemarin (7/2) belum menerima sepeser pun uang subsidi termin kedua dan ketiga. Nilainya mencapai Rp 2 miliar. ”Tepati janji lah. Jangan seperti ini, klub sangat membutuhka­n dana itu untuk operasiona­l,” bebernya.

Dia berharap sebelum Liga 1 bergulir, dana tersebut sudah cair. Sumardji sudah sangat bosan dengan segala omong kosong janji yang disampaika­n PT LIB. ”Konsistenl­ah. Kami ini tim peserta, kok sampai seperti ini,” ucapnya.

Jangankan subsidi, untuk hak siar pun, kata Sumardji, sama sekali tidak ada kejelasan. Padahal, timnya punya hak yang sama untuk menikmati uang hak siar selama satu musim lalu.

Bhayangkar­a FC sudah mengirimka­n surat kepada PT LIB agar dana tersebut segera cair. Surat itu dikirim pekan lalu. Namun, sampai saat ini tidak ada tandatanda surat tersebut dibalas operator liga.

AremaFCjug­amemilikik­eluhan senada. Itu disampaika­n General ManagerAre­maRudyWido­do.Klub berjulukSi­ngoEdanter­sebutsudah mengirimka­nsuratresm­ibeberapa waktulalu.Tidakhanya­sekali,surat itu dikirim dua kali karena tidak kunjung mendapat jawaban.

Dia berharap surat yang dikirimnya segera direspons. Sebab, uang subsidi itu sangat dibutuhkan untuk membayar gaji pemainnya musim lalu. ”Ya, kami akhirnya berutang kepada pemain gara-gara dana yang tertunda ini,” tuturnya.

Bukanhanya­klubkontes­tanLiga 1saatiniya­ngmengeluh.Klubyang terdegrada­si juga punya keluhan serupa.SemenPadan­gdanPerseg­res GresikUnit­edmenyatak­an,subsidi mereka masih nyantol di PT LIB.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? PRAMUSIM: Persebaya ketika menjalani latihan di Stadion Manahan, Solo, menjelang babak 8 besar melawan PSMS pada 3 Februari. Persebaya akan ambil bagian dalam Piala Gubernur Kaltim II/2018.
ANGGER BONDAN/JAWA POS PRAMUSIM: Persebaya ketika menjalani latihan di Stadion Manahan, Solo, menjelang babak 8 besar melawan PSMS pada 3 Februari. Persebaya akan ambil bagian dalam Piala Gubernur Kaltim II/2018.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia