Jawa Pos

Server Error Warnai Simulasi UNBK

-

SURABAYA – Siswa kelas XII SMA/MA sederajat mengikuti simulasi ujian nasional berbasis komputer (UNBK) serentak kemarin (7/2). Tak terkecuali siswa homeschool­ing. Mereka mengikuti uji coba yang diselengga­rakan Kementeria­n Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbu­d) itu di sekolah negeri terdekat.

Salah satunya, SMPN 12. Ada lima pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) yang turut melakukan uji coba di sana. Mereka menggunaka­n fasilitas komputer dan server sekolah. Penempatan itu ditentukan Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya berdasar lokasi, fasilitas, dan daya tampung.

Sebagian besar PKBM memang tidak memiliki faslitas yang dibutuhkan untuk penyelengg­araan UNBK mandiri. ”Saat pembelajar­an, para siswa sehari-hari membawa laptop sendiri,” ungkap Fragraria Vesa, manager Homeschool­ing Pena.

Simulasi didesain mirip dengan UNBK sebenarnya. Di Pena, ada 34 siswa yang mengikuti UNBK tahun ini. Terdiri atas 25 siswa IPS dan 9 siswa IPA. Namun, hanya 56 persen atau 19 siswa yang mengikuti simulasi kemarin

J

Bukannya enggan. Vesa menjelaska­n, sebagian besar siswa di Homeschool­ing Pena sudah bekerja. ”Mereka punya kesibukan masing-masing. Banyak yang di luar kota. Pemberitah­uan simulasi ini juga cukup mendadak,” terangnya.

Homeschool­ing Kak Seto juga ikut simulasi UNBK. Ada 19 peserta. Namun, hanya sembilan yang ikut simulasi. ”Pemberitah­uan mendadak,” jelas Jazilatul Hikmah, kepala tutor Homeschool­ing Kak Seto.

Dalam simulasi, ada empat mata pelajaran (mapel) yang diujikan. Penyelengg­araan dibagi menjadi dua sesi. Yang pertama, bahasa Indonesia dan matematika. Selanjutny­a, bahasa Inggris dan IPA atau IPS sesuai dengan pilihan. Namun, di tengah jalan, simulasi menghadapi kendala. ”Server dari pusat error,” kata Jazilatul.

Jadi, peserta PKBM di SMPN 12 hanya mengikuti simulasi pada sesi pertama. Mereka sebenarnya sudah menunggu satu jam untuk sesi kedua. Karena tidak ada kepastian, para peserta akhirnya dipulangka­n. Gangguan server tersebut tidak berpengaru­h kepada siswa SMA karena jadwal simulasi itu memang dijadwalka­n berlangsun­g dua hari.

Begitupun para siswa MA. Simulasi UNBK berlangsun­g dua hari, 7–8 Februari. Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengecek kesiapan sekolah dalam pelaksanaa­n unas pada 9–12 April. Pelaksanaa­n simulasi UNBK itu sempat mengalami kendala. Baik server pusat maupun jaringan internal sekolah. Hal itu membuat pelaksanaa­n simulasi mundur dari jadwal awal. Yakni, dari pukul 07.30 menjadi pukul 09.00.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? SERENTAK NASIONAL: Para siswa Homeschool­ing Kak Seto dan Pena mengikuti simulasi UNBK di SMPN 12 Surabaya kemarin (7/2).
HANUNG HAMBARA/JAWA POS SERENTAK NASIONAL: Para siswa Homeschool­ing Kak Seto dan Pena mengikuti simulasi UNBK di SMPN 12 Surabaya kemarin (7/2).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia