Jawa Pos

Ledakan Tabung Gas Cederai WN Belanda

-

SURABAYA – Seorang pria berkebangs­aan Belanda, Ronald Kneijber, mengalami musibah terkena ledakan tabung gas elpiji kemarin pagi (7/2). Pria 67 tahun itu menderita luka bakar hampir di sekujur tubuh.

Berdasar informasi yang dihimpun, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 07.00 di kediaman Ronald di Villa Valencia 36, Lontar, Sambikerep

Nur Laila, istrinya, hendak memasak sarapan pagi. Perempuan 45 tahun itu menuju dapur yang berada di bagian belakang. Laila mencium bau gas yang cukup menyengat. ”Akhirnya, dia panggil sang suami,’’ ungkap Kapolsek Lakarsantr­i Kompol Dwi Heri.

Ronald menghampir­i. Dia juga mencium bau gas yang me_ nyengat. Saat diperiksa, ternyata tabung gas elpiji 12 kilogram di dapur itu bocor. Ronald berniat mengganti regulatorn­ya. ”Nah, waktu meriksa regulator itu, tabung gasnya meledak,” ungkap perwira berumur 51 tahun tersebut.

Ledakan yang ditimbulka­n dari tabung elpiji tersebut membuat seisi dapur porak-poranda. Selain Ronald, Laila terkena meski luka yang dialaminya cukup ringan. Hanya luka bakar di kaki. Sementara itu, Ronald terluka bakar di bagian wajah, dada, punggung, hingga kaki.

Sudah 10 tahun Ronald tinggal di Indonesia. Selain bersama istri, ada putrinya, Alisa Emilda, yang saat kejadian tidak berada di tempat. Agar kejadian tersebut tidak terulang, Heri mengimbau agar warga lebih berhati-hati. ”Kalau mencium bau gas di dalam rumah, silakan bawa tabung ke luar rumah terlebih dahulu atau panggil bantuan,” terangnya.

Sementara itu, petugas dari posko terpadu wilayah barat datang di lokasi pukul 08.00. Mereka langsung membantu korban. Dua petugas kesehatan dari Puskesmas Asemrowo yang pada saat itu piket di posko terpadu memberikan bantuan medis. Setelah mengobserv­asi luka Ronald, mereka memberikan oksigen murni untuk membersihk­an saluran pernapasan.

Karena Ronald kedinginan, petugas memberikan selimut. Selanjutny­a, dia dibawa ke RS Mitra Keluarga, Jalan Satelit Indah, untuk mendapatka­n pengobatan yang lebih intensif.

 ?? SATGAS POSKO TERPADU WILAYAH BARAT ?? LUKA BAKAR: Ronald Kneijber mendapat pertolonga­n petugas Puskesmas Asemrowo.
SATGAS POSKO TERPADU WILAYAH BARAT LUKA BAKAR: Ronald Kneijber mendapat pertolonga­n petugas Puskesmas Asemrowo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia