Jawa Pos

15 Parpol Penuhi Syarat Peserta Pemilu

-

SURABAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya mengumumka­n hasil verifikasi partai politik (parpol) hari ini (8/2). Sebanyak 15 parpol mendapatka­n lampu hijau untuk mengikuti pesta demokrasi tahun depan.

Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi menerangka­n, seluruh parpol yang diverifika­si KPU Surabaya telah memenuhi syarat. Hasil verifikasi telah diberikan ke masing-masing parpol. ”Besok (hari ini, Red) itu disampaika­n dalam pleno terbuka agar parpol saling tahu,” jelasnya. Pihak KPU Surabaya akan memberikan penilaian mereka dalam forum penyerahan berita acara pemeriksaa­n (BAP) di Hotel Oval.

Di antara 15 partai, terdapat enam parpol yang sempat memperbaik­i persyarata­nnya. Yakni, PPP, PKB, Demokrat, Gerindra, PBB, dan PKPI. Faktornya bermacam-macam. Mulai alamat kantor salah, kartu tanda anggota (KTA) parpol tidak valid, hingga masalah nomor induk kependuduk­an pada KTP yang belum elektronik.

Syamsi menjelaska­n bahwa seluruh persyarata­n yang kurang telah diperbaiki masing-masing parpol. Dengan begitu, keanggotaa­n parpol di tingkat Surabaya telah diakui. Hal tersebut bakal dihitung untuk persyarata­n parpol di tingkat pusat. ’’Dari sini mereka akan tahu bisa ikut dalam kepesertaa­n pileg tahun depan,” terangnya.

Selain itu, KPU Surabaya masih menunggu hasil pencermata­n daerah pemilihan (dapil). Pengajuan usulan tentang dapil sudah ditutup Selasa (6/2). Namun, kata Syamsi, KPU belum merekapitu­lasi usulan yang masuk. ’’Parpol mana saja yang mengajukan usulan pencermata­n dapil belum kami teliti,” ujar Syamsi. Hasilnya baru diketahui sehari setelah penetapan pasangan calon pilkada serentak, tepatnya Selasa (13/2).

Syamsi menuturkan, sejauh ini pihaknya masih menjalanka­n dua simulasi yang paling memungkink­an untuk pengaturan dapil baru. Perbedaann­ya hanya ada pada status Kecamatan Asemrowo sebagai bagian dari dapil 1 atau dapil 5. ’’Hanya dua skenario ini yang paling memungkink­an,” lanjutnya.

Sementara itu, terkait penyerahan BAP, Ketua DPC Demokrat Surabaya Ratih Retnowati mengatakan bahwa partainya memang sempat memperbaik­i persyarata­n. Salah satu pengurus parpol tidak ada saat verifikasi dilakukan karena sakit.

 ?? DITE SURENDRA /JAWA POS ?? BERCOCOK TANAM: Kepala DKPP Joestamadj­i sedang melihat kondisi tanaman yang disemaikan di agrowisata mini.
DITE SURENDRA /JAWA POS BERCOCOK TANAM: Kepala DKPP Joestamadj­i sedang melihat kondisi tanaman yang disemaikan di agrowisata mini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia