Jawa Pos

Indah Sekaligus Menantang

Aksi Akrobatik Atlet Tiongkok, Oriental Arts Troupe

-

SURABAYA – Aksi Sally Chow, 12, dan Steven Chow, 18, menjadi pembuka Oriental Arts Troupe yang dihelat di Mal Ciputra World kemarin (7/2). Keduanya merupakan sepupu yang berlatih akrobatik sejak usia 5 tahun.

Sally dan Steven tampil di atas panggung dengan dekorasi bertema oriental. Mengenakan pakaian serbaputih, keduanya tampil kompak memainkan teknik-teknik akrobat yang membuat para penonton deg-degan. Sambil berbaring, Steven memutar-mutar tubuh Sally dengan menggunaka­n telapak kakinya. Tak ketinggala­n berbagai pose seperti berdiri dengan menggunaka­n satu kaki,

split, dan kayang.

Show tersebut mementaska­n lima macam atraksi menantang yang memadukan keindahan dan kelenturan gerak tubuh. Yakni,

contortion acrobatics, kungfu flying fork circus act, lotus light balance acrobat, kungfu chef, dan Chinese acrobatic ballet.

Selain bermain bersama sepupunya, Sally melakukan aksi tunggal pada lotus light balance acrobat. Dia memainkan enam tempat lilin berbentuk bunga teratai. Tempat lilin dibawa dengan menggunaka­n kedua tangan, kaki, mulut, dan dahi. Diiringi alunan lagu khas Tiongkok nan lembut, Sally menari dan berpose dengan gemulai. Perpaduan tari balet dan akrobatik menciptaka­n keindahan yang menuai tepuk tangan dari para pengunjung mal.

Tak kalah menarik, atraksi memutar piring dengan menggunaka­n ujung tongkat yang dilakukan atlet lain. Mereka berpenampi­lan bak juru masak yang sedang bermain-main di dapur. ’’Para atlet berlatih minimal delapan jam setiap pagi. Sebab, sore mereka harus bersekolah,’’ terang Direktur Oriental Arts Troupe David Tay. Menurut dia, kerja keras dan disiplin latihan bisa membuat para atlet menjadi kuat dan lentur.

Kelompok akrobatik tersebut telah mengunjung­i beberapa negara di Timur Tengah dan Asia untuk memamerkan aksinya. ’Ada enam atlet yang datang ke Surabaya di antara total 200 atlet di dalam kelompok,’’ tambahnya. Dalam setahun mereka bisa tampil di tiga kota.

’’Mereka didatangka­n langsung dari Tiongkok untuk menjadi bintang pada Spring of Fortune. Ini untuk menyambut tahun baru Imlek,’’ ucap Promotion Coordinato­r Stephana Fevriera. Oriental Arts Troupe diadakan setiap hari pukul 16.00 dan 19.00 hingga 25 Februari.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? LENTUR: Sally Chow memperliha­tkan kebolehann­ya dalam aksi lotus light balance acrobat di Ciputra World kemarin.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS LENTUR: Sally Chow memperliha­tkan kebolehann­ya dalam aksi lotus light balance acrobat di Ciputra World kemarin.
 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? KESEIMBANG­AN: Seorang penampil dari Oriental Arts Troupe, kelompok akrobatik dari Tiongkok. Mereka kerap berkunjung ke negara-negara di Timur Tengah dan Asia untuk menghibur.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS KESEIMBANG­AN: Seorang penampil dari Oriental Arts Troupe, kelompok akrobatik dari Tiongkok. Mereka kerap berkunjung ke negara-negara di Timur Tengah dan Asia untuk menghibur.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia