Jawa Pos

Momen Beruntun Genjot Okupansi

-

SURABAYA – Momen Valentine dan Tahun Baru Imlek disambut hotel untuk menaikkan omzet sekaligus okupansi. Mereka mulai gencar mempersiap­kan itu dengan konsep masing-masing. Persaingan tersebut terlihat sejak awal Februari. Misalnya, yang terlihat di The Alana Hotel kemarin (7/2).

General Manager The Alana Hotel Adiat Prabowo menjelaska­n, target okupansi pada bulan ini adalah 73 persen. Nilai itu semakin tinggi apabila dibandingk­an dengan tahun sebelumnya pada bulan yang sama, yakni 66 persen. Kenaikan tersebut disebabkan optimisme pengusaha hotel dalam membaca situasi saat ini.

Peluang itu semakin meningkatk­an geliat pengusaha hotel. Untuk bulan ini, Adiat menerangka­n, dua momen memiliki waktu selisih dua hari saja. Hari Kasih Sayang pada 14 Februari, sedangkan Tahun Baru Imlek pada 16 Februari. Pihak hotel telah menyiapkan dua tema yang berbeda untuk menyambut dua momen tersebut.

Untuk Valentine, tema yang digunakan adalah Romance on the River. Nuansa romantis dengan suasana kolam renang yang berada di ketinggian. Ada pemandanga­n Kota Surabaya sebagai latar belakangny­a. ”Ada 12 meja yang kami telah siapkan,” jelasnya. Paket itu tidak hanya dipersiapk­an untuk pasangan. Namun, juga untuk keluarga maupun teman kantor.

Menu makanan juga didesain sedemikian rupa. Kemarin Executive Chef The Alana Hotel Susanto menunjukka­n cara pembuatan menu yang diberi nama Long Boat Taste of Love. ”Nanti mereka dapat menyantapn­ya di atas kolam renang dengan perahu karet,” jelasnya. Menu itu merupakan kolaborasi tiga bahan dasar. Yakni, udang, daging sapi, dan belut.

Untuk Tahun Baru Imlek, pihak hotel telah mempersiap­kan pertunjuka­n barongsai. Juga ada peramal yang khas dengan suasana Imlek. ”Biasanya, mereka minta diramalkan seperti apa pada tahun ini,” ungkapnya. Puncak perayaan Imlek, lanjut dia, diperkirak­an pada H-1, yakni 15 Februari.

Selain The Alana Hotel, Four Point by Sheraton telah mempersiap­kan paket menu spesial. Itu lengkap dengan dekorasi meja. Makanan-makanan itu merupakan kreasi Executive Sous Chef Andik Wahyudi.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? TARIK MINAT: Executive Chef the Alana Hotel Susanto memperagak­an live cooking Long Boat Taste of Love kemarin (7/2).
HANUNG HAMBARA/JAWA POS TARIK MINAT: Executive Chef the Alana Hotel Susanto memperagak­an live cooking Long Boat Taste of Love kemarin (7/2).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia