Jawa Pos

Bergerak Cepat Tambal Jalan Berlubang

-

SIDOARJO – Jalan-jalan berlubang di beberapa titik kembali muncul. DPRD Sidoarjo pun meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Sidoarjo untuk bekerja cepat.

’’Begitu ada laporan dari masyarakat, maksimal dalam waktu tiga hari jalan tersebut sudah harus diperbaiki. Akan lebih baik lagi kalau langsung direspons dengan perbaikan hari itu juga,’’ tegas Ketua Komisi C DPRD Sidoarjo Abdillah Nasih.

Nasih menegaskan, respons cepat itu sangat penting. Sebab, lubang-lubang di jalan tersebut tidak hanya mengganggu kenyamanan berkendara. Tapi, juga sangat membahayak­an keselamata­n pengguna jalan. Terlebih pengendara sepeda motor.

Dia pun mendapat banyak keluhan. Bukan hanya dari masyarakat di satu atau dua kecamatan, tapi merata. ’’Kalau belum bisa memperbaik­i dalam skala besar, jalan yang rusak itu ditambal dulu. Ini penting karena jalan itu akses untuk banyak hal. Ya, ekonomi, pendidikan, dan lainnya,’’ kata legislator asal PKB tersebut.

Kepala Dinas PUPR Pemkab Sidoarjo Sigit Setyawan menyatakan, satgas jalan yang dimiliki instansiny­a saat ini terus bekerja untuk memperbaik­i jalan-jalan rusak. ’’Yang bisa kami lakukan saat ini adalah menambal jalan yang berlubang,’’ terangnya.

Untuk pemelihara­an dan peningkata­n jalan, lanjut Sigit, pihaknya belum bisa melakukann­ya karena masih dalam tahap lelang. Kemungkina­n pekerjaan berat baru bisa dijalankan pada Maret atau April. Sigit mengatakan, pihaknya tidak hanya mengandalk­an satgas. Tapi, juga mengoptima­lkan UPTD pengairan yang telah beralih sebagai UPTD pengairan dan jalan.

’’Kami juga memiliki kendala cuaca. Saat ini kan musim hujan, jadi pekerjaan tidak maksimal. Meski begitu, kami tetap berusaha,’’ katanya.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? MEMBAHAYAK­AN: Pengendara melintas di Jalan Raya Sukodono. Beberapa ruas jalan yang berlubang ditambal dengan sak berisi tanah.
BOY SLAMET/JAWA POS MEMBAHAYAK­AN: Pengendara melintas di Jalan Raya Sukodono. Beberapa ruas jalan yang berlubang ditambal dengan sak berisi tanah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia