Jawa Pos

Sehari Dua Truk Ngguling

Di Tol Waru dan Jalan Lingkar Timur

-

SIDOARJO – Kemacetan panjang terjadi di jalan tol SidoarjoWa­ru kemarin (7/2). Kondisi itu dipicu truk boks yang terguling di kilometer 23. Truk bernopol L 8234 BM tersebut membawa muatan air mineral kemasan.

Kecelakaan tunggal itu terjadi pukul 01.30. Mulanya, truk melaju dengan kecepatan tinggi di lajur kanan. Budi Santoso, sopir truk, mendadak kehilangan kendali. Di lokasi kejadian, ban kiri belakangny­a tiba-tiba pecah.

Warga Bulak Banteng, Kenjeran, Surabaya, tersebut berusaha mengerem kendaraann­ya. Namun, upaya itu tidak berhasil. Laju truk yang telanjur kencang membuatnya hanya bisa pasrah ketika truk- Kanitlaka Lantas Polresta Sidoarjo

nya terguling ke kiri. Bruakkk. Muatan truk langsung berceceran. Sopir berusia 56 tahun itu tidak menderita luka parah.

Sejumlah polisi dan petugas jasa marga datang tidak lama kemudian. Mereka kemudian mengevakua­si badan truk yang terguling dengan menggunaka­n mobil derek. Nah, muatan yang berceceran ditepikan agar tidak mengganggu arus lalu lintas.

Bintara Unit (Banit) PJR Tol Jatim 2 Aiptu I Gede Erka mengatakan, pihaknya sudah berupaya maksimal untuk mengurai kemacetan. Di antaranya, menderek bangkai truk lebih dulu ke pinggir jalan. ’’Muatannya harus diambil satu per satu. Prosesnya memakan waktu,’’ jelasnya. Garagara kejadian itu, pengendara yang menuju ke utara (Surabaya) harus bersabar. Kemacetan yang terjadi mencapai 4 kilometer.

Sementara itu, di jalur sebaliknya, penumpukan kendaraan terjadi di sekitar lokasi evakuasi. Sebab, banyak pengendara yang mengurangi lajunya untuk melihat evakuasi.

Beberapa jam setelahnya, sebuah truk terguling di Jalan Raya Buduran, persisnya di depan pergudanga­n Bulog. Truk bernopol H 1545 RL tersebut bernasib nahas pukul 06.30. Supardi, pengemudi truk engkel, hendak menuju ke Jalan Lingkar Timur. Untuk mempersing­kat perjalanan, dia memutuskan putar balik di U-turn depan pergudanga­n Bulog. Lelaki 35 tahun tersebut nekat melanggar rambu larangan putar balik.

Petaka pun terjadi. Ketika bermanuver, ban kiri belakang truk terperosok ke lubang di pinggir jalan. Badan truk akhirnya terguling. ’’Sopirnya kami beri tindakan tegas karena ulahnya melanggar peraturan,’’ kata Kanitlaka Lantas Polresta Sidoarjo AKP Toni Irawan.

Sopirnya kami beri tindakan tegas karena ulahnya melanggar peraturan.”

AKP TONI IRAWAN

 ?? EDI SUDRAJAT/JAWA POS ?? TRUK DIEVAKUASI DENGAN MOBIL DEREK: Petugas mengambili air mineral yang tercecer di ruas jalan tol Sidoarjo-Waru kemarin.
EDI SUDRAJAT/JAWA POS TRUK DIEVAKUASI DENGAN MOBIL DEREK: Petugas mengambili air mineral yang tercecer di ruas jalan tol Sidoarjo-Waru kemarin.
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia