Jawa Pos

Safari Zulhasan Menangkan Khofifah-Emil

- (nad/xav)

DEKLARASI tekad kemenangan Partai Amanat Nasional (PAN) sampai pada destinasi terakhirny­a di Surabaya. Safari Politik bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN Eddy Soeparno tersebut sudah berlangsun­g sejak 5 Februari lalu ke enam kabupaten/kota, yaitu Malang, Lumajang, Kediri, Madiun, Bojonegoro, dan Surabaya.

Dalam tema besar menjahit kembali merah putih, kemarin (7/2) ribuan kader PAN dari berbagai daerah bertemu langsung di Jatim Expo Surabaya. Pertemuan itu sekaligus menjadi pembuka persiapan agenda selanjutny­a. ’’Kami akan lanjutkan safari ke 38 kabupaten dan kota seJawa Timur. Saya akan keliling ke setiap daerah untuk kampanye, termasuk kampanye besar saya akan datang. Kami akan datangi setiap kader,” ujar Zulkifli Hasan atau yang akrab disapa Zulhasan.

PAN memiliki kekuatan besar dalam pemenangan pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jatim Khofifah-Emil. Menurut Zulhasan, partainya memiliki modal kekuatan hingga 10 persen di Jatim sehingga akan menjadi penentu kemenangan. ’’Total ada hingga 16 ribu orang kader. Semua saling konsolidas­i memperkuat partai untuk memenangka­n KhofifahEm­il dalam pilgub Jatim,” papar Zulhasan.

Pria yang juga merupakan ketua Majelis Permusyawa­ratan Rakyat (MPR) RI tersebut melihat besarnya antusiasme kader di Jawa Timur. Hal itu memperkuat optimisme partai terhadap kemenangan pasangan Khofifah-Emil.

Dalam setiap kedatangan­nya di Jatim, selalu dipadati ribuan hingga puluhan ribuan kader. Bahkan, hal tersebut juga terjadi kemarin, sorak ribuan kader partai PAN sekaligus menyambut kedatangan Emil Dardak yang ditemani sang istri Arumi Bachsin.

Kendati demikian, Zulhasan mengaku pilkada Jawa Timur akan berlangsun­g sangat ketat. Karena itu, dia mengutarak­an langkah pemenangan Khofifah-Emil sebagai tanggung jawab besar agar partai bekerja lebih keras menyakinka­n pemilih. ’’Saya minta persaingan khususnya di Jatim jangan menghalalk­an segala cara. Ini pertanding­an antara saudara, sahabat, sama-sama anak negeri. Jadi kita bertanding secara jujur, adu konsep dan gagasan,” ujar Zulhasan.

Sedangkan Sekjen PAN Eddy Soeparno menganalis­a besarnya potensi Jawa Timur di segala sektor. Pasangan yang diusung PAN diyakininy­a mampu menciptaka­n Jatim yang berdaya saing jadi rumah yang berkeadila­n bagi seluruh masyarakat­nya. ’’Jadi, bukan hanya kelompok elite yang menikmati kue kemenangan, tapi kita fokuskan juga ke yang termarjina­lkan,” kata Eddy.

Untuk benar-benar mencapai Jawa Timur yang sejahtera dan berkeadila­n, sosok Khofifah dan Emil dianggap tepat. ’’Khofifah berbekal pengalaman­nya di kementeria­n punya kematangan dalam memimpin sebuah institusi. Sedangkan kita tahu bersama latar belakang Emil dalam ekonomi multilater­al akan mampu membaca potensi ekonomi di Jatim,” papar Eddy.

Setelah agenda tersebut, PAN akan melakukan safari ke 38 kabupaten/ kota. Hal itu disambut positif oleh Emil Dardak. ’’Sebelumnya saya berjuang bersama PAN di Trenggalek. Kemudian sekarang berjuang lagi bersama PAN di Jawa Timur. Ini tentunya memberikan satu semangat yang luar biasa bagi saya,” kata Emil yang diusung oleh PAN sebagai bakal calon wakil gubernur Jatim ini.

Emil juga memaparkan bahwa PAN memiliki persamaan dengan sosok Khofifah. ’’PAN adalah partai yang memiliki kedekatan dengan gerakan pencerahan, cendekiawa­n, dan intelektua­l. Jadi, saya rasa klop juga dengan ibu Khofifah. Beliau juga sempat hadir acara yang di Kediri. PAN juga memiliki captive

voter yang insya Allah akan jadi penentu kemenangan kita,” ujar Emil.

Dalam kesempatan yang sama, Khofifah dan Ketua Partai Demokrat Jatim Soekarwo sedang berada di Jakarta dalam pertemuan langsung dengan mantan Presiden RI SBY. Pertemuan tersebut ditujukan merancang rencana rapat konsolidas­i daerah untuk pemenangan pilgub.

’’Pak SBY juga ingin bertemu dengan masyarakat Jatim. Begitu juga dengan AHY. Kemarin saya sudah bertemu AHY. Beliau sangat antusias dan kita banyak membuat formulasi apa sih milenial. Milenial jangan hanya jadi semboyan yang kosong tapi betul-betul jadi sebuah subyek pembanguna­n yang bermakna,” jelas Emil.

EDDY SOEPARNO

Sekretaris Jenderal PAN

PAN memiliki kekuatan besar dalam pemenangan pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jatim KhofifahEm­il dengan modal kekuatan hingga 10 persen di Jatim.”

ZULKIFLI HASAN

Ketua Umum PAN

 ??  ?? DISAMBUT RIBUAN KADER: Bakal calon wakil gubernur Jatim Emil Dardak dan istri, Arumi Bachsin, bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (delapan dari kiri) dan Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno (enam dari kiri) hadir dalam Deklarasi Tekad Kemenangan...
DISAMBUT RIBUAN KADER: Bakal calon wakil gubernur Jatim Emil Dardak dan istri, Arumi Bachsin, bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (delapan dari kiri) dan Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno (enam dari kiri) hadir dalam Deklarasi Tekad Kemenangan...
 ??  ?? SATUKAN KOMITMEN: Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua DPW PAN DKI Eko Patrio (paling kanan) bersama bakal calon gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (tengah) dalam Deklarasi Tekad Kemenangan PAN di Kota Kediri.
SATUKAN KOMITMEN: Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua DPW PAN DKI Eko Patrio (paling kanan) bersama bakal calon gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (tengah) dalam Deklarasi Tekad Kemenangan PAN di Kota Kediri.
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia