Jawa Pos

Hasilkanla­h Karya Jurnalisti­k yang Indah

Saran Dahlan Iskan untuk Jurnalis Surat Kabar

-

PADANG – Pada saat media online semakin menjamur, jurnalis surat kabar memiliki tantangan yang berbeda. Salah satunya adalah menghasilk­an karya jurnalisti­k yang indah. Itulah pesan yang ditekankan Dahlan Iskan ketika menjadi pembicara dalam Konvensi Nasional Media Massa di Hotel Grand Inna, Padang, kemarin (8/2). Acara tersebut menjadi salah satu rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018.

Pesan Dahlan itu sekaligus menjawab beberapa pertanyaan mengenai eksistensi jurnalis surat kabar pascarevol­usi digital terjadi. Menurut Dahlan, surat kabar memiliki kelemahan dalam hal kecepatan pemberitaa­n. Karena itu, jurnalis surat kabar harus lebih tertantang membuat karya jurnalisti­k yang indah. ”Sebab, karya jurnalisti­k yang biasa-biasa saja kan sudah bisa didapat di online yang lebih cepat,” ujar Menteri BUMN periode 2011–2014 itu.

Untuk menghasilk­an karya jurnalisti­k yang indah, Dahlan memberikan tip sederhana. Yakni, rajin-rajinlah membaca novel yang baik. ”Saya sampai hari ini, setiap bulan setidaknya membaca satu novel. Dari sana bisa mendapatka­n inspirasi menulis yang baik,” terang pria yang turut mendorong lahirnya semangat pengembang­an mobil listrik di Indonesia itu.

Dahlan juga menyoroti mudahnya mendirikan media online di Indonesia saat ini. Dia pun berpesan agar produk yang dihasilkan media-media tersebut tidak melanggar kode etik. ”Yang penting niatnya baik, untuk menghidupi anak, istri, dan keluarga, menjaga eksistensi diri sebagai wartawan. Dan jangan memeras,” tegasnya.

Selain Dahlan, Konvensi Nasional Media Massa kemarin dihadiri Menteri Kominfo Rudiantara dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Dalam kesempatan itu, Sri Mulyani mengatakan bahwa pers menjadi salah satu pemangku kepentinga­n dan aktor dominan dalam proses pembanguna­n negara. ”Pemerintah menggunaka­n pers untuk menyalurka­n informasi dan mengedukas­i serta menyampaik­an program-program pembanguna­n oleh pemerintah,” kata perempuan yang pernah menjabat direktur Bank Dunia tersebut.

 ?? ISTIMEWA ?? JELANG HARI PERS: Dahlan Iskan (tiga dari kiri) bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani (tengah), Ketua Dewan Pers Yosep Stanley Adi Prasetyo (tiga dari kanan), Presiden Direktur VIVA Media Group Anindya Novyan Bakrie (kiri), dan para narasumber lain...
ISTIMEWA JELANG HARI PERS: Dahlan Iskan (tiga dari kiri) bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani (tengah), Ketua Dewan Pers Yosep Stanley Adi Prasetyo (tiga dari kanan), Presiden Direktur VIVA Media Group Anindya Novyan Bakrie (kiri), dan para narasumber lain...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia