Jawa Pos

Kesejahter­aan Kunci Profesiona­lisme Jurnalis

ABDUL MANAN

-

Hari ini (9/2), Indonesia kembali memperinga­ti Hari Pers Nasional (HPN). Di balik semarak perayaan, masih ada sederet persoalan yang harus dibenahi. Berikut obrolan wartawan Jawa Pos Folly Akbar dengan ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) pusat yang juga redaktur Tempo. Dari tiga hal ini; profesiona­lisme, kebebasan, dan kesejahter­aan, mana yang menurut Anda paling tertinggal dalam dunia pers kita?

Kondisinya (rata-rata) belum bisa dikatakan bagus. Misalnya, kebebasan. Kalau ada yang bilang kita bebas, tidak sepenuhnya benar. Undang-Undang masih menyediaka­n (sanksi) pemenjaraa­n bagi wartawan di KUHP dan UU ITE.

Soal profesiona­lisme, masih ada tantangan independen­si media. Kepemilika­n yang terpusat pada beberapa korporasi (membuat) konten jadi beragam. Tapi, afiliasi pemilik media dengan partai politik membuat independen­si media dipertanya­kan, meski tidak semua media. Pengaduan terhadap wartawan juga masih tinggi. Sementara itu, kesejahter­aan (sebagian besar) tak bisa dikatakan baik.

Dibandingk­an negara lain?

Soal kebebasan, kita terhitung masih lebih baik ketimbang Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Singapura. Kita bersaing dengan Timor Leste dan Filipina. Kalau kesejahter­aan jurnalis, masih kalah sama Singapura atau Malaysia.

Seberapa jauh pengaruh kesejahter­aan terhadap profesiona­lisme?

Upah yang layak sangat penting karena berkaitan dengan profesiona­lisme. AJI punya keyakinan, wartawan dengan kesejahter­aan yang lebih baik akan menghasilk­an karya yang baik dan bermutu.

Bergabung dan aktif di organisasi profesi memang penting. Namun, jurnalis juga memiliki beban kerja yang sangat tinggi. Sulit mencari waktu luang. Bagaimana solusinya?

Pengalaman saya lebih ke belajar mengelola waktu dengan baik. Memilih melakukan pekerjaan jurnalisti­k, namun masih ada waktu untuk berorganis­asi. Itu saya akui tidak mudah, tapi layak dicoba untuk mengetahui tantangann­ya.

 ?? ABDUL MANAN FOR JAWA POS ??
ABDUL MANAN FOR JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia