Jawa Pos

Mobil Listrik Masal Ditarget 2020

-

TAK dapat terelakkan, industri otomotif tengah menghadapi isu yang serupa, yakni transisi menuju kendaraan rendah emisi dan ramah lingkungan. Tak terkecuali bagi India. Pemerintah India menargetka­n pada 2020 manufaktur otomotif sudah mulai membuat kendaraan hybrid dan listrik untuk dilepas ke pasar.

”Saya rasa memang semua otomotif akan menghadapi tantangan yang sama. Yaitu, bagaimana membuat kendaraan yang rendah emisi dan meminimalk­an penggunaan konsumsi bahan bakar minyak,” ujar Vice President Operations Manesar Vehicle Plant Maruti Suzuki S.P. Nayak.

Nayak mengungkap­kan, pemerintah India memiliki target untuk memasalkan kendaraan berbasis hybrid atau full elektrik mulai 2020. Maruti Suzuki sendiri tengah berupaya memulai terlebih dahulu untuk siap menerjunka­n produk rendah emisi. ”Sampai saat ini kami masih terus mengembang­kan teknologi hybrid. Beberapa kendaraan produksi kami juga sudah mengusung smart hybrid. Kami ingin ketika pemerintah benar-benar mengeluark­an regulasi, Maruti Suzuki sudah sangat siap,” ungkap Nayak.

Dalam pergelaran Auto Expo Motor Show di Delhi, Suzuki memamerkan teknologi yang mereka juluki The Next Generation Hybrid. ”Saat ini hybrid baru digunakan di produk Suzuki Solio dan Suzuki Swift yang diproduksi dan dijual di Jepang. Kami sendiri di India sangat optimistis dengan masa depan hybrid dan listrik sehingga kami concern untuk mengembang­kan teknologi itu,” tambah Nayak.

Maruti Suzuki selama ini berfokus pada pengembang­an dan penjualan mobil mild hybrid

untuk beberapa tipe. Namun, menjelang 2020, mereka juga berniat mengembang­kan beberapa model dengan mesin strong hybrid.

Managing Director dan CEO Maruti Suzuki Kenichi Ayukawa menambahka­n bahwa sebagai bukti keseriusan India mengenai mobil listrik, pemerintah dan pelaku industri tengah mempersiap­kan pembanguna­n pabrik produksi dan pengolahan baterai lithium ion. ”Kami sudah mengganden­g pihak lain seperti Toshiba dan Denso. Kami berharap rencana tersebut dapat segera terwujud,” urai Ayukawa.

 ?? AGFI SAGITTIAN/JAWA POS ?? MASA DEPAN: Kenichi Ayukawa meluncurka­n Concept e-Survivor pada 2018 Auto Expo-The Motor Show.
AGFI SAGITTIAN/JAWA POS MASA DEPAN: Kenichi Ayukawa meluncurka­n Concept e-Survivor pada 2018 Auto Expo-The Motor Show.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia