Jawa Pos

KENALI TIPE KULITMU

-

Kulit wajah dibagi menjadi beberapa kategori, yakni kulit berminyak, kering, normal, dan kombinasi. Keempatnya memiliki karakteris­tik dan cara perawatan yang berbeda-beda. Mengenali kulit wajah sangat penting, agar Anda dapat memilih produk perawatan wajah yang tepat. Tak mau acara di hari spesial gagal garagara salah pakai produk, kan? (ree/xav)

KULIT BERMINYAK

Kulit yang berminyak memiliki permukaan dengan pori-pori lebar dan terbuka. Kulit juga tampak berkilau namun kusam, bisanya disertai komedo, jerawat, atau noda hitam. Jenis kulit berminyak biasanya karena produksi sebum dari sebaceous (kelenjar minyak) berlebih.

Rajin cuci muka, minimal dua kali sehari. Hindari produk pembersih wajah dengan kandungan deterjen, gunakan produk pencuci muka yang lembut dan mengandung formula yang dapat mengurangi minyak. Gunakan Active Series combinatio­n to oily. Terdiri atas 2 in 1 cleanser, hydrating toner (for combinatio­n to oily skin), dan hydrating gel.

KULIT KERING

Jenis kulit ini memiliki kelembapan sedikit di lapisan kulit terluar. Akibatnya, timbul retakan pada permukaan kulit dan terasa kering. Pori-porinya hampir tak terlihat dengan permukaan luar kulit terlihat kasar, kusam, dan kurang elastis.

Hindari mencuci muka dengan air hangat terlalu lama serta gunakan pelembap setelah mencuci muka. Gunakan pembersih wajah yang lembut dan mengandung vitamin B3, aloe vera extract atau chamomile extract. Paduan

2 in 1 cleanser, hydrating toner (for normal to dry skin), dan moisturize­r gel dari La Tulipe Cosmetique­s memiliki kandungan yang dibutuhkan kulit kering tersebut.

KULIT KOMBINASI

Jenis kulit kombinasi adalah perpaduan antara kulit berminyak dan kulit kering. Bedanya, kulit berminyak hanya terkonsent­rasi pada beberapa area saja, seperti dagu, hidung, dan dahi. Tapi bagian lain seperti pipi tetap kering.

Bersihkan wajah minimal dua kali sehari. Akhiri dengan menggunaka­n pelembap, sekali di pagi hari dan sekali di malam hari. La Tulipe Cosmetique­s menawarkan 2 in 1 cleanser, hydrating toner (for combinatio­n to oily skin), dan hydrating gel yang mampu mengatasi masalah kulit kombinasi.

KULIT NORMAL

Silakan berbahagia bagi yang memiliki jenis kulit normal karena kandungan air dan minyak di wajah cenderung seimbang. Jenis kulit normal jarang disambangi masalah kulit, tidak terlalu sensitif, pori-pori tak begitu terlihat, dengan tampilan kulit yang bercahaya.

Saat cuci muka, hindari menggosok terlalu kasar. Bilas dengan air hangat dan keringkan. Untuk produknya, pilih yang khusus untuk kulit normal, seperti 2 in 1 cleanser, hydrating toner (for normal to dry skin), dan moisturize­r gel dari La Tulipe.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia