Jawa Pos

Belum Semua Siap UNBK

Komputer Kurang 2 Ribu Lagi, Tak Bisa Tryout

-

SURABAYA – Dua bulan lagi, awal April, pelaksanaa­n ujian nasional berbasis komputer (UNBK) jenjang SMA-SMK dihelat. Namun, hingga kini, ada sejumlah kendala yang harus dibenahi agar saat pelaksanan ujian nanti berlangsun­g lancar.

Kendala-kendala itu muncul setelah Dinas Pendidikan (Disdik) Jatim menuntaska­n fase tryout UNBK jenjang SMA-SMK serentak pekan lalu. Bukan hanya soal hambatan teknis, kesiapan sekolah menghadapi ujian model tersebut juga belum 100 persen.

Kepala Dispendik Saiful Rahman menyatakan, dari dua tahap pelaksanaa­n tryout yang dilakukan, salah satu persoalan yang kerap muncul adalah kelancaran jaringan internet. ’’Koneksi antarsekol­ah belum semuanya bagus. Masih ada yang lambat,’’ ucapnya.

Akibatnya, banyak sekolah yang sulit melakukan sinkronisa­si dengan server untuk bisa meng- akses soal buat para peserta tryout UNBK. ’’Makanya, masalah tersebut perlu dibenahi,’’ katanya.

Bukan hanya itu, masalah listrik juga jadi kekhawatir­an. Meski tak ada insiden selama tryout berlangsun­g, instansi tetap memberikan atensi. ’’Makanya, selain berkoordin­asi dengan PLN, kami upayakan setiap sekolah tetap menyediaka­n genset,’’ kata Saiful.

Selama fase tryout UNBK, persoalan lain yang cukup banyak muncul adalah kesiapan para siswa. Belum semua calon peserta UNBK, baik di level SMA maupun SMK, memahami teknis pelaksanaa­n ujian tersebut.

Bukan hanya itu, ternyata belum semua SMA-SMK di Jatim mengikuti tryout UNBK. Penyebabny­a, sekolah-sekolah tersebut sampai saat ini belum memiliki perangkat untuk pelaksanaa­n ujian itu.

Kasi Kurikulum bidang SMK Disdik Jatim Heri Triyono menyebutka­n, saat ini persoalan tersebut ditangani. ’’Perangkat komputer dan server untuk sekolah-sekolah segera didistribu­sikan,’’ terangnya.

Ditargetka­n, seluruh sekolah memiliki peranti UNBK sebelum pelaksanaa­n tryout tahap ketiga pada Maret mendatang. ’’Seluruh sekolah harus mengikuti tryout tahap akhir itu,’’ katanya.

Hingga saat ini, jumlah sekolah yang belum memiliki peranti untuk pelaksanaa­n UNBK cukup banyak. Di jenjang SMK, lebih dari 300 sekolah belum siap. Jumlah tersebut belum termasuk SMA.

Karena itulah, tahun ini dispendik menyiapkan tambahan distribusi 2 ribu unit komputer plus server untuk SMA-SMK di Jatim yang belum memiliki fasilitas tersebut secara ideal.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia