Jawa Pos

Janji Bantu Tangkap Buron Indonesia

Argentina Apresiasi Penyelamat­an Alum

-

JAKARTA – Penyelamat­an Alum Langone Avalos, 7, mendapat apresiasi dari Duta Besar Argentina untuk RI Ricardo Luis B. Dia pun langsung menjanjika­n bakal memberikan bantuan kepada Indonesia. Salah satunya menangkap buron yang kabur ke Argentina. Hal tersebut disampaika­n Ricardo saat mengunjung­i Kapolri Jenderal Tito Karnavian di gedung utama Mabes Polri kemarin (8/2).

Tito menuturkan, drama penculikan Alum akhirnya usai setelah berhasil lolos dari berbagai negara. Di antaranya, Bolivia, Ethiopia, Brasil, dan Malaysia. ”Di Indonesia Alum bisa diselamatk­an,” terang Tito.

Kasus penculikan anak oleh ayahnya itu menjadi sorotan Argentina. Sebab, membawa anak di luar hak asuhnya tersebut begitu sensitif dan dianggap kejahatan serius. ”Saat ada informasi bahwa penculik ini membawa ke Indonesia, mereka sebenarnya pesimistis. Khawatir tidak direspons red notice-nya.”

Namun, Divisi Hubungan Internasio­nal (Divhubinte­r) Polri begitu cepat merespons. Dengan demikian, Polda Sulsel yang dikoordina­si bisa cepat bertindak.

Ricardo menemui Kapolri untuk menyampaik­an rasa terima kasih dari masyarakat Argentina atas respons luar biasa itu. Menurut dia, anak yang dibawa pergi jauh dari keluargany­a merupakan kejahatan di Negeri Tango itu. Dia mengatakan, hanya dalam beberapa jam, Polri mampu menyelesai­kannya.

”Kepolisian Indonesia begitu profesiona­l dan sangat efisien,” paparnya. Dengan utang budi itu, pemerintah Argentina siap membantu semampunya bila Indonesia membutuhka­n bantuan serupa. ”Kami akan tangkap buron Indonesia yang kabur ke Argentina,” ujarnya.

Sekretaris NCB Interpol Indonesia Brigjen Napoleon Bonaparte menjelaska­n, Alum sudah bersama ibunya, Elizabeth Avalos. Mereka akan pulang ke Argentina beberapa waktu ke depan.

”Dua orang (Jorge Gabriel Langone dan Candela Soledad Gutierrez, Red) yang mendapat red notice telah diserahkan ke Ditjen Imigrasi untuk dideportas­i. Secepatnya, mereka akan dikembalik­an ke negaranya,” terang jenderal berbintang satu tersebut.

Seperti diberitaka­n, Alum adalah anak hasil pernikahan Elizabeth dengan Jorge. Setelah bercerai, hak asuh jatuh ke Elizabeth. Namun, sejak Juni tahun lalu Jorge membawa kabur Alum bersama kekasihnya, Candela.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia