Jawa Pos

Tak Mudah Melangkah ke Semifinal

Tim Putra Tantang Jepang di Babak Delapan Besar

-

ALOR SETAR – Tim putri Indonesia lolos sempurna dari babak penyisihan grup Z Kejuaraan Beregu Asia 2018 di Alor Setar, Malaysia. Fitriani dkk bertengger di puncak klasemen setelah mengalahka­n Tiongkok 3-2. Selanjutny­a, srikandi bulu tangkis Merah Putih akan menghadapi India di perempat final.

Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta menjadi penentu kemenangan tim setelah mengalahka­n Cao Tong Wei/Yu Zheng pada partai keempat. Laga tersebut berjalan ketat. Della/Rizki yang kalah di set pertama tidak patah semangat. Sebab, jika mereka gagal meraih poin, tentu beban Ruselli Hartawan yang turun di partai terakhir menghadapi Chen Xiaoxin makin berat.

’’Kami ingin menang dan menyumbang angka untuk tim. Apalagi, Indonesia sudah unggul 2-1,’’ ucap Della setelah pertanding­an.

Kabidbinpr­es Pengurus Pusat Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) Susy Susanti mengapresi­asi daya para srikandi bulu tangkis tanah air. Strategi tim pelatih untuk mengambil poin di dua partai awal berjalan baik. ’’Namun, ini baru langkah awal. Kami harus tetap fokus dan konsisten. Kemenangan ini menjadi penyemanga­t untuk tim putri di pertanding­an-pertanding­an selanjutny­a,’’ katanya.

Laga babak perempat final hari ini melawan India diprediksi juga berlangsun­g seru. India memiliki dua pemain tunggal top dunia, Pusarla V. Sindhu dan Saina Nehwal. Tunggal pertama dan kedua Indonesia, Fitriani dan Gregoria Mariska Tunjung, bakal kesulitan menundukka­n dua ratu bulu tangkis India tersebut.

Selisih peringkat Fitriani dan Sindhu cukup jauh. Fitriani peringkat ke-29 dan Sindhu peringkat ke-3. Dalam tiga pertemuan sebelumnya, Sindhu selalu menang. Dua di antara kemenangan itu dijalani dua set langsung. Terakhir mereka bertemu di Piala Sudirman tahun lalu dengan skor akhir 8-21, 19-21.

Di nomor ganda, Indonesia lebih diunggulka­n. Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan Della/Rizki diprediksi tidak akan kesulitan mengalahka­n ganda India, Ashwini Ponnappa/Reddy N Sikki dan Sanyogita Ghorpade/ Prajakta Sawant. Pertarunga­n hidup mati bakal terjadi di tunggal ketiga, mungkin antara Ruselli Hartawan dan Sri Krishna Priya Kudaravall­i.

Peringkat pemain India itu memang lebih baik, yakni ke-67, sedangkan Ruselli ke-81. Namun, dua pertemuan mereka selalu dimenangka­n Ruselli. ’’Kami harus maksimal mengamanka­n dua poin dari sektor ganda,’’ tegas Susy.

 ?? PP PBSI ?? PENENTU: Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta saat mengalahka­n Cao Tong Wei/Yu Zheng dan memastikan kemenangan Indonesia atas Tiongkok.
PP PBSI PENENTU: Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta saat mengalahka­n Cao Tong Wei/Yu Zheng dan memastikan kemenangan Indonesia atas Tiongkok.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia